Festival Karo 2015 Ajak Masyarakat Sumut Lestarikan Budaya

Medan, Sumut - Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Wilayah Sumatera Utara menggelar Festival Karo 2015 yang berlangsung selama tiga hari mulai 27-29 Agustus 2015 di Lapangan Merdeka Medan.

Kegiatan tersebut juga sekaligus pelantikan pengurus DPD HMKI Sumut yang dilantik langsung oleh Ketua Umum DPP HMKI, DR Ir Alexandr Barus MM, MSc, PhD pada hari terakhir, besok sekira pukul 19.00 WIB malam dan dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah Sumatera Utara dan Pusat diataranya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Hamonangan Laoly SH, MSc, Ph.D dan Plt Gubernur Sumatera Utara, Ir. H. Tengku Erry Nuradi M.Si dan Bupati Karo, Terkelin Brahmana.

Berbagai stand-stand kebudayaan Karo hadir dalam festival tersebut, seperti stand kerajinan dan kuliner khas Karo. Acara tersebut juga di meriahkan dengan berbagai penampilan-penampilan kebudayan karo diantaranya tari-tarian, perkolong-kolong (biduan Karo, red), pencak silat karo (ndikar, red) dan reflexi 5 tahun Gunung Sinabung.

Bukan itu saja acara ini juga dimeriahkan artis ibu kota dan penampilan artis Karo, seperti Santa Hoky Br Ginting, Tio Fanta Br Pinem, Juliana Br Tarigan, Maharani Br Tarigan, Averiana Br Barus, Anita Br Sembiring, Luther Tarigan, Anta Prima Ginting, Ramona Purba, Aura Kasih dan Trio Kucing.

Juga diiringi dengan pemain musik modern dan tradisional Karo, yakni Yanto Tarigan Djast junior (keyboard dan kulcapi), Alex Ginting (keyboard dan gendang), John Tarigan (surdam dan gendang), Jimmy Sebayang (gendang).

Ketua Panitia, Setia Pandia saat temu pers, Jumat (28/8) di Lapangan Merdeka Medan, mengungkapkan kegiatan ini awalnya adalah dalam rangka pelantikan Pengurus HMKI Sumut, namun disajikan untuk masyarakat Sumatera Utara khsususnya masyarakat Karo dalam konsep festival.

“Ini sebagai salah satu bentuk apresiasi kami kepada seluruh masyarakat Karo, untuk terus melestarika kebudayaan Karo agar tidak pernah hilang dan selalu dapat meciptakan dan menjaga kebudayaan-kebudayaan Karo sampai kapan pun,” ungkap Setia Pandia.

Ia menambahkan, Kegiatan Festival Karo 2015 ini juga akan diselenggarakan moment refleksi 5 tahun Sinabung. ”Iya, kita akan menggelar refleksi 5 tahun Sinabung dengan mengundang para masyarakat yang menjadi pengungsi Sinabung,” tambahnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua DPD HMKI Sumut, Ruben Tarigan, SE. Katanya kegiatan digelar untuk membangkitkan dan membangun kembali semangat masyarakat Karo dalam menjunjung nilai budaya dan mengajak kepada semua etnis di Sumatera Utara untuk bersatu dalam sama-sama menjaga dan melestarikan kebudayaan yang beragam.

“Kita berharap melalui kegiatan ini, kita bisa sama-sama mengajak masyarakat Sumatera Utara khsusunya suku Karo untuk terus menjaga dan melestarikan kebudayaan Karo sampai kapanpun,” pungkasnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign