Lestarikan Budaya Melayu, Paradje’ Pasaka Negeri Kembali Digelar

Pontianak, Kalbar - Keraton Surya Negara Sanggau kembali akan menggelar Festival Budaya Melayu atau Paradje' Pasaka Negeri untuk yang ketujuh kali.

"Ajang (Festival Budaya Melayu) ini salah satu upaya dalam melestarikan khasanah budaya Melayu, agar tidak punah tergerus derasnya arus zaman," kata Gusti Arman saat dihubungi di Sanggau, Sabtu.

Ia menjelaskan, tahun 2015, merupakan yang ketujuh digelar Paradje Pasaka Negeri dan dirangkai dengan Festival Adat Budaya Melayu, tanggal 2 September 2015.

"Selain itu, Paradje Pasaka Negeri salah satu upaya kami untuk melestarikan khasanah budaya Melayu. Tentunya bertujuan melestarikan nilai-nilai luhur budaya dan adat istiadat," ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Pak Teh ini menambahkan, seperti tahun sebelumnya, pembukaan Paradje' Pasaka Negeri akan mengundang raja-raja se-Nusantara, dan termasuk dari Brunei Darussalam dan Malaysia juga akan datang.

"Festival Budaya Melayu ini salah satu budaya yang sudah dilestarikan oleh masyarakat Melayu di Kabupaten Sanggau, makanya kegiatan ini rutin kami gelar," ujarnya.

Kegiatan Paradje' Pasaka Negeri merupakan budaya bersih negeri yang sudah turun temurun mengakar di etnis Melayu Sanggau. Budaya itu, sama halnya dengan upacara tolak bala atau membersihkan sebuah daerah dari segala macam bala.

Kini upacara ini, selain sebagai ritual untuk membersihkan negeri, juga sudah menjadi sebuah agenda wisata masyarakat Melayu di Kabupaten Sanggau, yang dilakukan oleh sesepuh dan kerabat Keraton Surya Negara Sanggau, ujarnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign