Pameran Busana Muslim Cetak Transaksi 150.000 Dolar AS

Jakarta - Pameran busana muslim di Amerika Serikat yang diselenggarakan oleh Islamic Society of North America (ISNA) di Rosemont Convention Center, Chicago, Illinois, berhasil membukukan transaksi sebesar 150.000 dolar AS.

Dalam siaran pers yang diterima Antara dari Kementerian Perdagangan, Selasa, selain para pelaku usaha busana muslim asal Indonesia berhasil membukukan transaksi 150 ribu dolar AS, kedepannya, peluang ekspor busana muslim ke Amerika Utara dan Eropa bahkan ditaksir mencapai 21 miliar dolar AS.

Berdasarkan data Organization of Islamic Cooperation (OIC), negara-negara eksportir utama produk busana muslim di dunia adalah Bangladesh dengan nilai ekspor mencapai 22 miliar dolar AS, dan diikuti oleh Turki dengan nilai ekspor sebesar 14 miliar dolar AS dan Indonesia dengan nilai ekspor 7,2 miliar dolar AS.

"OIC mencatat bahwa pasar untuk busana muslim di Eropa dan Amerika Utara diperkirakan mencapai 21 miliar dolar AS dengan tingkat pertumbuhan rata-rata 2--4 persen. Ini peluang bagi pelaku usaha Indonesia," kata Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Chicago, Wijayanto.

Permintaan produk-produk busana muslim dan berbagai produk apparel di AS memang cukup tinggi. Berdasarkan data, ekspor produk apparel Indonesia ke AS pada 2014 mencapai nilai 4,86 miliar dolar AS, sementara pada periode Januari-Juli 2015 tercatat telah mencapai 2,97 miliar dolar AS atau meningkat 0,13 persen dibandingkan periode yang sama pada 2014.

ISNA merupakan Organisasi Perkumpulan Muslim Amerika Utara yang telah berdiri sejak 1963 dan melakukan kegiatan konvensi setiap tahunnya. Tahun ini adalah penyelenggaran ISNA yang ke-52. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, selain konvensi ISNA juga terdapat kegiatan pameran dalam bentuk bazar yang menampilkan lebih kurang 500 stan.

"Nilai transaksi dalam bazar ISNA tahun ini diperkirakan akan terus bertambah seiring banyaknya permintaan dan pembelian secara berkesinambungan," ujar Wijayanto.

Selain menampilkan produk fesyen dan berpartisipasi dalam peragaan busana, tim Indonesia di bazar ISNA juga melakukan peragaan penggunaan hijab serta menyajikan beberapa produk makanan halal di stan Indonesia.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign