Pascaerupsi, Kesenian Warga Merapi Dibangkitkan

Sleman, DIY - Bencana erupsi Merapi tahun 2010 tidak hanya mengakibatkan kerugian jiwa dan harta benda, tapi juga aset budaya. Untuk membangkitkan kesenian khususnya di lingkungan lereng Merapi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY memberikan bantuan seperangkat gamelan.

Kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi sosial ini sudah rutin dilaksanakan sejak tahun 2012. Tahun ini, bantuan gamelan diberikan kepada kelompok seni “Cahyo Budoyo” dari Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman.

Pelaksana harian BPBD DIY GBPH Yudaningrat menyampaikan, sampai saat ini setidaknya sudah 15 kelompok kesenian mendapat bantuan peralatan. “Bantuan ini diharapkan dapat memberikan stimulan untuk membangkitkan aktivitas sosial budaya di kawasan rawan bencana,” katanya, Selasa (14/9).

Sementara itu, Penjabat Bupati Sleman Gatot Saptadi mengatakan, musibah erupsi lima tahun silam memberikan dampak berat bagi warga khusus­nya yang tinggal di zona KRB. Butuh waktu cukup lama bagi mereka untuk dapat pulih dari kondisi tersebut.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign