Promosi Budaya Indonesia di Pusat Kota San Francisco

Jakarta - Ribuan warga San Francisco, Amerika Serikat (AS) dihibur sepanjang hari oleh penampilan musik dan tarian tradisional Indonesia. Penampilan mereka ini sambung menyambung, nyaris tidak ada jeda.

Kesenian tersebut, antara lain Gamelan Jegog, Tari Rantak, Tari Baris, Tari Cendrawasih, Gamelan Jawa, Jaipong, Tari Topeng, dan masih banyak lagi. Semua ini ditutup dengan penampilan bintang tamu muda asal Indonesia, Angel Pieters dan Vidi Aldiano.

Pagelaran Indonesia Day yang tahun ini mengambil tema Harmony in Diversity telah diselenggarakan di pusat turis dan jantung kota San Francisco pada tanggal 29 Agustus 2015 waktu setempat. Acara sehari penuh ini menampilkan kekayaan seni dan budaya Indonesia di tengah-tengah kota yang terkenal dengan industri teknologi Silicon Valley.

“Tema ini diambil karena kami ingin menghadirkan keharmonisan masyarakat Indonesia yang dikenal majemuk ke tengah-tengah masyarakat di kota San Francisco,” kata Konsul Jenderal RI di San Francisco, Ardi Hermawan, di hadapan sekitar 300 tamu kehormatan dan masyarakat setempat yang menghadiri pembukaan acara tersebut.

Wali Kota San Francisco, Edwin Lee, menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada komunitas Indonesia yang bertahun-tahun telah mempresentasikan salah satu nilai yang menjadi kebanggan kota San Francisco. Nilai tersebut adalah keragaman dan inklusivitas budaya.

Setelah menyanyikan lagu kebangsaan kedua negara, acara dimulai dengan fashion show baju tradisional Indonesia. Fashion show diperagakan oleh 37 mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di San Francisco dan sekitarnya.

Promosi Budaya

Sepanjang acara yang dihadiri lebih dari 15 ribu pengunjung, Union Square terlihat begitu padat dan meriah dengan berbagai ornamen bertemakan Indonesia. Menurut siaran pers yang diterima Koran Jakarta, Indonesia Day menghadirkan 20 booth yang menampilkan promosi seni, budaya, literatur, kerajinan tangan, busana, termasuk information desks tentang bagaimana berinvestasi di Indonesia, tempat-tempat pariwisata nasional unggulan, dan pelayanan lapor diri bagi masyarakat Indonesia.

“Saya sudah tinggal di kota ini selama 14 tahun, dan Indonesia Day adalah salah satu event favorit saya karena begitu kaya dengan penampilan tradisional dari negara Anda. Tidak heran banyak pengunjung ke tempat ini,” kata salah satu pengunjung, Mark Hughes.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign