Wow, Batik Malaysia Semarakkan London Fashion Week

Jakarta - Rupanya desain model batik, tidak hanya menjadi ikon Indonesia walaupun batik telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya milik Indonesia, nyatanya Malaysia juga memiliki batik.

Bahkan batik Malaysia akan diperkenalkan di ajang London Fashion Week. Semua ini bermula dari Desainer fashion asal Inggris Zandra Rhodes yang tengah menjalin kerjasama dengan Kraftangan Malaysia untuk program pengembangan tekstil Malaysia di London termasuk dengan tampil di London Fashion Week yang akan berlangsung pada 18-22 September 2015.

“Kami harap kerjasama ini bisa meningkatkan profil tekstil Malaysia di dunia internasional. Generasi muda Malaysia akan banyak belajar dari Rhodes. Ini adalah kali pertama kain asal Malaysia tampil secara resmi di London Fashion Week,” ungkap Datuk Zubir Mohd Zain, direktur divisi desain dan penelitian Kraftangan Malaysia, seperti dilansir Asia One.

Nama Zandra Rhodes memang cukup ternama dalam dunia fashion. Ia merupakan Desainer ternama yang sudah pernah membuat busana untuk Putri Diana hingga supermodel Kate Moss.

Dalam banyak referensi disebutkan bahwa batik malaysia banyak diproduksi di Kelantan, Terengganu dan Pahang. Beberapa motif yang populer bercorak daun dan juga bunga. Selain itu tentu saja motif-motif geometri juga bisa ditemukan pada batik Malaysia.

Dalam website Kraftangan disebutkan bahwa Malaysia telah menjadikan batik sebagai salah satu kekayaan bangsa. Kekayaan ini diwariskan dari pengaruh Nusantara. Disebutkan bahwa pembuatan batik dimulai di pulau Jawa pada abad ke 12 dan menyebar ke berbagai tempat di Nusantara termasuk Kelantan dan Terengganu.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign