Dampak Globalisasi, Nilai-nilai Budaya Bangsa Mulai Terkikis

Metro, lampung - Guna untuk menggali kearifan lokal masyarakat Kota Metro, dimana sekarang ini nilai-nilai budaya bangsa yang mulai terkikis dampak dari globalisasi dan kemajuan teknologi, Pemkot Metro menggelar seminar Menyusun Riwayat Kota Metro, di Gedung Nuwo Budayo setempat, Selasa (22/9/2015).

Seminar yang menghadirkan narasumber Budayawan Lampung Ansori Djausal menuai animo pengunjung. Acara dibuka dengan diawali pemukulan gong oleh Penjabat Wali Kota Metro Achmad Chrisna Putra.

“Acara yang kita lakukan hari ini adalah sebuah upaya untuk menggali kearifan lokal masyarakat Kota Metro terhadap jejak kulturalnya yang patut kita tanamkan pada benak anak-anak Indonesia sebagai generasi penerus pemegang amanah untuk masa depan bangsa yang lebih baik," ucap Chrisna.

Dikatakannya, yang nampak adalah nilai-nilai budaya bangsa mulai terkikis dan bahkan suatu saat hilang. "Yang paling penting yang harus kita lakukan adalah apa yang kita ambil dari kebudayaan masa lalu sebagai suatu pembelajaran untuk menapak masa depan yang lebih baik khususnya untuk Kota Metro yang kita cintai,” tambah Achmad Chrisna Putra.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kota Metro Bangkit Haryo Utomo, selaku ketua penyelenggara melaporkan bahwa salah satu tugas pokok dari Disdikbudpora adalah membangun inovasi melalui teknologi komunikasi untuk pengembangan promosi dan kebudayaan dan melaksanaakn sebagian nilai budaya melalu perekaman, penulisan dan penelitian.

"Fungsi ini memegang perananan yang sangat penting bagi dunia pendidikan dan kebudayaan," tuturnya.

Bangkit menambahkan, seminar ini merupakan hasil penelitian Disdikbudpora Kota Metro tentang asal usul Kota Metro melalui sudut pandang kultural.

Selain itu juga merupakan lanjutan dari penulisan hasil penelitian Ahmad Muzaki, M.Pd.I dosen STAIN Jurai Siwo Kota Metro guna menambah masukan demi penyempurnaan buku tentang Sebuah Kajian Etnografi mengenali Geneologi Kota Metro sebelum diterbitkan secara resmi.

Bangkit berharap agar hasil dari kegiatan ini dapat dijadikan pijakan untuk memperdalam isi buku yang telah disusun sebelumnya agar dikemudian hari dapat dijadikan referensi bagi siapapun yang ingin mendalami tentang riwayat Kota Metro.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign