Meriah, Festival Budaya Pasar Terapung 2015

Banjarmasin, Kalsel - Festival Budaya Pasar Terapung 2015 berakhir dengan kemeriahan pergelaran seni budaya. Satu diantaranya, pentas tari dan Wayang Ajen di panggung pertunjukan Siring Sungai Martapura. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata (Disporbudpar) Kalsel Mohandas menyatakan itu.

"Event festival budaya Pasar Terapung ini sudah dilkasanakan sejak 2006, dan terus berlangsung dengan meriah, selain menjadi promosi pariwisata juga sebagai pelestarian seni budaya," ujar Mohandas di Banjarmasin, Minggu (20/109/2015).

Mohandas mengatakan, sebab sejumlah kesenian tradisi daerah yang eksistensinya mulai memudar mendapat ruang untuk tampilkan, diantaranya kesenian kurung-kurung, musik panting, dan wayang banjar. Selain itu pula, sambung dia, adanya gelar permainan rakyat balogo dan bagasing.

"Demikian pula ditampilkan beragam kuliner tradisional banjar yang memiliki citra rasa luar biasa, ini menjadi andalan kepariwisataan daerah 13 kabupaten/kota ini," jelas dia.

Menurut di, melalui panggung budaya semacam ini harapannya bisa mendongkrak pariwisata di daerah ini hingga bisa mencapai kunjungan satu juta wisatawan nasional dan 7.000 wisatawan mancanegara. "Kita berharap bisa menyumbang target kunjungan wisatawan nasional yang ditarget pemerintah pusat sebanyak 275 juta wisatawan lokal dan 20 juta wisatawan asing," ungkap dia.

Pada 2015 ini, ujar Mohandas, hingga Agustus tadi, diperkirakan sudah sebanyak 556 ribu kedatangan wisatawan lokal dan sekitar 5.000 orang wisatawan asing berkunjung kedaerah ini. "Ini menunjukkan, kunjungan wisata kedaerah kita sudah sangat meningkat signifikan, dan kita yakini akan terus meningkat dengan terua dikembangkannya potensi objek wisata di daerah ini, baik wisata alam dan perairan yang ada sungai dan pantai," ucap dia.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign