STRADE Lestarikan Budaya Lewat Seni Tari

Medan, Sumut - Banyak cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk melestarikan budaya Indonesia termasuk Sumatera Utara, di antaranya melalui seni tari. Ternyata, misi tersebut pun sama dengan yang diusung grup tari SMAN 3 Medan atau STRADE (SMANTig Traditional Dance).

STRADE memang sejauh ini terbilang aktif dalam mempromosikan berbagai jenis tarian daerah yang ada di Sumatera Utara seperti Melayu, Karo, Dairi, dan Batak. Selain itu, ekstrakurikuler binaan Leliana SPd MHum ini pun salah satu ekskul yang kerap mengukir prestasi baik di tingkat Kota Medan, Sumut maupun nasional.

Ketua STRADE, Prilly Tri Tani, mengaku sesuai dengan namanya, ekskul ini memang hanya fokus menarikan berbagai jenis daerah, khususnya yang ada di Sumut. Makanya dapat dibilang ini salah satu wadah bagi generasi muda untuk lebih mencintai budaya Indonesia.

“Memang kami yang bergabung di sini lebih suka dengan tarian-tarian daerah dibanding modern dance. Selain busana yang dipakai lebih sopan, gerakannya pun lebih lembut namun tetap enerjik,” tegasnya didampingi sejumlah anggota lainnya, seperti Rizky Febiyola, Siti Mardiah, Arassyfa Rizky Zahara, Kurnia Sartika, dan Zulvia Ayu Pratiwi.

Meski hanya menarikan tarian tradisional, STRADE kerap mencoba lebih kreatif dengan menambahkan sedikit gerakan-gerakan lain yang sama sekali tidak menghilangkan tarian dasarnya.

“Intinya, kami hanya ingin lebih kreatif saja. Alhamdulillah kalau lagi nampil, baik dalam pertandingan maupun hanya sekadar hadir sebagai bintang tamu, para penonton sering memberikan apresiasi berupa tepuk tangan,” katanya.

Di sekolah, kata Prilly, ekskul ini juga menjadi favorit di kalangan para siswa, terbukti setiap tahunnya siswa yang ingin bergabung selalu bertambah. Saat ini, anggota STRADE telah mencapai 75 orang.

“Namun hingga saat ini pun kami masih membuka pendaftaran bagi siswa yang mendaftar. Untuk syarat tentu tidak muluk-muluk, yang pasti siswa tersebut memang benar-benar suka dengan seni tari, serta yang harus diingat di STRADE khusus hanya menarikan tarian tradisional, bukan modern dance,” ucapnya.

Adapun prestasi lain yang telah memenuhi lemari trofi STRADE, di antaranya juara I Ekstravaganza (2012), juara I FLS2N (2012 dan 2013), dan juara II FLS2N (2014).

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign