Dahau Sendawar Kutai Barat Bakal Meriah

Sendawar, Kaltim - Bupati Ismail Thomas SH MSi memimpin langsung rapat persiapan Dahau Sendawar untuk memperingati hari jadi Kabupaten Kutai Barat ke-16 yang jatuh pada 5 November 2015 mendatang. Acara tersebut akan digelar secara meriah dan besar-besaran, mengingat tahun 2015 merupakan pengujung kepemimpinan Bupati Kubar Ismail Thomas SH MSi dan Wakil Bupati H Didik Effendi SSos MSi. Oleh sebab itu, Bupati meminta setiap seksi dalam kepanitiaan jauh-jauh hari mempersiapkan matang-matang, sehingga dalam rangkaian acara bisa terlaksana dengan baik.

Rapat persiapan yang dilaksanakan di Ruang Diklat lantai tiga Kantor Bupati itu membahas berbagai rangkaian acara yang dilaksanakan. Di mana sejak awal Oktober sudah digelar upacara adat dan ritual adat terlebih dahulu, seperti upacara adat di masing-masing enam rumah panjang (lamin) enam etnis Kubar. Upacara adat di Situs Sengkereaq, upacara adat di Situs Sentawar, ritual adat Nalitn Taotn.

Dalam rapat itu turut hadir Sekretaris Kabupaten, Asisten I dan III, perwakilan Kodim 0912 Kubar, perwakilan Polres Kubar, serta para kepala Dinas Badan dan kantor di lingkungan Pemkab Kubar, Selasa (22/9).

Selanjutnya rangkaian yang digelar untuk memeriahkan Dahau Sendawar akan dilaksanakan pameran pembangunan dan pekan lomba olah tradisional seperti Menyumpit, Belogo, Begasing, Behempas, Mencekng Seweet, lomba dayung perahu naga, serta berbagai pertandingan lainnya. Selain itu, juga dimeriahkan pergelaran seni budaya, tari kolosal, penampilan marching band Sangkakala Kubar dan pesta kembang api dan hiburan oleh artis-artis Ibu Kota.

Selanjutnya Bupati memaparkan, Dahau Sendawar merupakan acara untuk seluruh masyarakat Kubar, sehingga diharapkan pada rangkaian acara tersebut seluruh masyarakat Kubar bisa hadir untuk bersama-sama merayakan hari jadi kabupaten.

Sehubungan dengan itu panitia diharapkan bisa membuat baliho untuk dipasang di setiap kecamatan dan lokasi-lokasi strategis seperti jalan arah ke Samarinda serta persimpangan jalan. “Tujuan dibuatkan baliho agar seluruh masyarakat tahu dan dapat hadir dalam kegiatan yang akan dilaksanakan di kabupaten.

Melalui baliho yang dipasang juga sebagai undangan resmi bagi seluruh masyarakat untuk menghadiri perhelatan baik itu acara pada siang dan malam sampai pada puncak acara upacara adat pada 6 November yang akan dilaksanakan pemotongan hewan kurban. Saya berharap masyarakat Kubar datang beramai-ramai untuk menyaksikan dan bergembira bersama,” kata Bupati.

-

Arsip Blog

Recent Posts