Festival Serambi Mekah Bisa Menarik Kunjungan Wisatawan

Banca Laweh, Sumbar - Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata Raseno Arya membuka secara resmi Festival Serambi Mekah (FSM) IX yang selenggarakan oleh Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat di Gelanggang Olah Raga Banca Laweh setempat.

"Event ini bisa menambah motivasi dalam melestarikan seni dan budaya Minang ditengah-tangah masyarakat," kata dia usai membuka FSM IX di Padang Panjang, Kamis (1/10).

Dia mengatakan, FSM IX itu akan bisa menarik kunjungan wisatawan dan menjadikan Padang Panjang tumbuh dan berkembang ke depannya.

"Perlu diangkat potensi yang ada di Padang Panjang ini. Melalui event ini akan bisa memberi tahu masyarakat luas yang akan menarik kunjungan wisatawan," katanya.

Ia juga menyarankan Pemkot Padang Panjang dalam mengadakan FSM bisa lebih meriah dan baik lagi kedepannya. "Hendaknya ada yang menarik lagi di lokasi FSM ini, supaya masyarakat ataupun pengunjung tertarik datang ke Padang Panjang," katanya.

Padang Panjang, berada di posisi strategis yang merupakan perlintasan bagi wisatawan baik itu domestik maupun manca negara. Dengan posisi itu, maka kesempatan dalam manrik kunjungan wisatawan terbuka lebar.

Wali Kota Padang Panjang Hendri Arnis mengatakan, FSM IX tersebut juga untuk memberi hiburan dan mempromosikan seni budaya ke luar daerah.

"FSM IX Ini merupakan salah satu perwujudan Padang Panjang sebagai tujuan wisata industri dan kerajinan rumah tangga ke masyarakat luas," katanya.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Padang Panjang Ampera Salim mengatakan festival itu merupakan event tahunan yang akan berlangsung 1 sampai 4 Oktober 2014 "Festival ini akan memberikan lebih banyak pilihan pada masyarakat luas untuk berapresiasi," kata dia.

Sementara rangkaian kegiatan dari FSM itu sendiri diantaranya, pameran tanaman hias, festival kuliner, pameran ikan hias, dan malam hiburan bersama group band Family Join dan Artis Cilik Ecylia.

Pada pergelaran hari kedua, kegiatan akan diisi dengan lomba fashion show, lomba poster bagi pelajar, parade bakat, pameran reptil dan malam hiburan bersama Sanggar Titian Aka dan Band Fata Morgana.

Untuk hari ketiga, akan dimeriabhkan oleh festival Band se-Sumatera, lomba mewarnai bagi murid TK, festival kuliner dan malam hiburan bersama Ranah Rasta, sanggar kesenian taruko, Ajo Buset dan Elsa Pitaloka.

Pada penyelenggaraan hari terakhir, akan diisi kegiatan kontes motor modifikasi, pameran UMKM, festival kuliner, pameran batu akik, pameran reptile dan malam hiburan bersama Mayoret Band, Sanggar Aguang dan Band Utopia dari Jakarta.

-

Arsip Blog

Recent Posts