Misi Kesenian Paguyuban Citra Mampu Menghipnotis di Meksiko

London, Inggris - Penampilan misi kesenian Paguyuban Citra menghipnotis sekitar 2000 masyarakat di Meksiko yang rela kehujanan menonton pertunjukan budaya Indonesia yang menampilkan berbagai tarian serta peragaan kain batik nusantara di panggung terbuka Explanada Santa Lucia di kota Monterrey, Meksiko.

Kehadiran Paguyuban Citra, di Meksiko mewakili Indonesia, di Festival Internacional de Santa Lucia (FISL) 2015 di kota Monterrey, negara bagian Nuevo Leon, Meksiko, demikian Pelaksana Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI, Febby Fahrani kepada Antara London, Sabtu.

Selama kurang dua jam Paguyuban Citra binaan Jendral (Purn.) Agum Gumelar ini dengan penyanyi Tuty Maryati diiringi organ, Herdi Perdana Idrus, menghipnotis penonton yang basah kuyub untuk menyanyi dan menari bersama. Saat lagu Kopi Dangdut dikumandangkan, penonton bahkan naik dan menjejali panggung untuk dapat menyanyi dan menari bersama Tuty Maryati.

Kepada Duta Besar Republik Indonesia untuk Meksiko Serikat, Yusra Khan, Liliana Melo de Sada, Patron dan Presiden FISL 2015, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dukungan KBRI Mexico City membawa Paguyuban Citra ke Monterrey.

Menurut Liliana Melo de Sada, FISL 2015 bangga atas partisipasi Paguyuban Citra sebagai satu-satunya peserta dari Asia Tenggara di FISL 2015 yang berlangsung sejak September hingga 4 Oktober mendatang .

Direktur Program FISL 2015, Daniela Trevino Perez, menyampaikan apresiasi atas komitmen dan profesionalitas Paguyuban Citra yang meski hujan deras tetap menyuguhkan tampilan yang prima. "Paguyuban Citra sangat magical," demikian pujian yang disampaikan Daniela Trevino Perez.

Penampilan Paguyuban Citra dalam FISL 2015 merupakan salah satu kegiatan misi kebudayaannya di Meksiko dan memperkenalkan seni batik, melalui peragaan kain batik nusantara karya Iwan Tirta koleksi Darwina Sutowo pada Resepsi Diplomatik Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 yang diadakan di Wisma Duta Besar di Mexico City.

Selain tampil di FISL 2015 dan Resepsi Diplomatik Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, Paguyuban Citra mengharumkan nama Indonesia dan memperkenalkan MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea, Turki, dan Australia) di panggung Teatro de la Danza di Mexico City.

KBRI bekerja sama dengan Instituto Nacional de Bellas Artes (INBA) Meksiko dan Kedutaan Besar Korea, Turki, dan Australia di Mexico City menyelenggarakan pertunjukan budaya berjudul "Celebrating Indonesia, Embracing MIKTA" dengan menampilkan Paguyuban Citra serta menyelenggarakan pameran foto pariwisata dari Indonesia, Korea, Turki, dan Australia.

Lagu-lagu asal Meksiko (Cielito Lindo), Korea (Arirang), Turki (Neredesin), dan Australia (Waltzing Matilda) dinyanyikan Tuty Maryati dengan apik dan dengan mengajak wakil dari negara masing-masing negara untuk bernyanyi bersama.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign