Perkenalkan Budaya Bekasi Melalui Pagelaran

Babelan, Jabar - Untuk memperkenalkam kembali seni dan budaya Bekasi, Kumpulan Betawi Bekasi (Kumbesi) mengadakan acara bertajuk Pagelaran Seni dan Budaya di Lapangan Kampung Asem, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan.

Acara yang digelar sekaligus bertepatan dengan hari jadi pertama Kumbesi itu berlangsung meriah, kemarin.

“Target kita anak muda, soalnya kalau kita lihat anak muda sekarang pakau baju pangsi saja malu, nah kita memperkenalkan itu,” kata Ketua Panitia Acara, Isamullah.

Kata dia, Kumbesi adalah wadah silaturahmi dan sebagai sarana penggiat budaya Betawi Bekasi yang saat ini hampir tenggelam.

Selanjutnya, untuk menumbuhkan kembali rasa cinta anak muda terhadap Budaya Betawi, pihaknya akan menguatkan jalinan silaturahmi, di mana menurut dia, semakin saling kenal maka akan lebih mudah untuk menyatukan visi dan misi.

“Yang terpenting itu silaturahmi biar visi dan misi kita untuk memperkenalkan budaya Betawi sesuai dengan yang kita harapkan,” harapnya.

Sementara itu, seorang warga sekitar, Andi (27) mengatakan, dirinya saat ini lebih mengenal budaya Bekasi yang ternyata cukup banyak. Tidak hanya tari topeng, dia berharap acara pagelaran seperti itu bisa rutin dilakukan.

“Ya kaget juga, ternyata masih banyak budaya Bekasi, saya pikir hanya topeng saja,” ujarnya.

Acara Kumbesi sendiri terlihat meriah, warga antusias untuk melihat keterampilan-keterampilan dari seniman Bekasi, seperti tari topeng, ujungan, rempag bedug, jaipong, dan lainnya.

Dihadiri Bupati Kabupaten Bekasi, beberapa kepala desa dan kecamatan, membuat semangat peserta untuk menampilkan masing-masing keahliannya meskipun matahari sudah cukup panas menyengat.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign