22 Provinsi akan Hadiri Festival Qasidah Nasional XX Kendari

Kendari, Sultra - Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam memastikan saat ini ada 22 provinsi seluruh Indonesia akan menghadiri Festival Qasidah Nasional (FQN) XX tahun 2015 yang di Kendari pada 12 hingga 13 November mendatang.

"Namun, tidak menutup kemungkinan acara festival yang menyajikan beragam acara keagamaan akan bertambah. Karena kita masih menunggu konfirmasi dari beberapa daerah," kata Nur Alam, di Kendari, Selasa.

Menurut gubernur, jika tidak berhalangan, Presiden Joko Widodo akan membuka Festival Qasidah Nasional XX yang dipusatkan di pelataran Alun-alun Kota Kendari.

Disebutkan, pada November nanti Ibu Kota Provinsi Sultra akan kedatangan tamu sekitar 12 ribu orang dari luar Sultra, karena selain perhelatan Festival Qasidah Nasional, juga diadakan Festival Keraton Nusantara, Masyarakat Adat ASEAN 2015 dan Peran Saka Nasional 2015.

"Setidaknya Kota Kendari akan dipadati masyarakat dari luar Sultra pada November. Karena kita akan menjadi tuan rumah dari tiga kegiatan nasional itu," katanya.

Ketua DPW Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Sultra Masyhura Ilah Ladamay melaporkan dari 34 provinsi di Indonesia, yang telah memberikan kepastian telah ada 22 provinsi.

Masyhura menyakini pelaksanaan kegiatan ini lebih meriah dari pelaksanaan sebelumnya di Palu karena hanya dipertandingkan bintang vokalis qasidah.

"Sedangkan di Kendari nantinya, akan ada karnaval semua peserta kontingen festival, selain bintang vokalis juga diperlombakan seperti peragaan busana muslim, qasidah klasik kolaborasi dan lomba cipta lagu qasidah," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts