50 Seniman Asing Melukis Bersama Seniman Borobudur

Borobudur, Jateng - Sebanyak 50 seniman dari 22 negara berkolaborasi dengan 20 seniman Borobudur, Kabupaten Magelang. Mereka melukis bersama dalam selembar kain kanvas dengan tema bebas di Limanjawi Art House Borobudur, Kabupaten Magelang, Jumat (9/10).

Para seniman lebih dulu berkunjung ke Candi Borobudur untuk mempelajari arsitektur bangunan Buddha tersebut. Setelah mengamati hasil peradaban bangsa Indonesia abad XIII tersebut, mereka selanjutnya bersilaturahmi dengan Komunitas Seniman Borobudur Indonesia (KSBI).

Pengalaman mengunjung Borobudur dan melihat pemandangan indah alam Kabupaten Magelang ini kemudian dituangkan dalam satu kanvas. Lukisan bersama ini tidak dibatasi tema dan aliran seninya. Mereka bebas melukis sesuai persepsi dan ide kreatif masing-masing.

Para seniman tersebut antara lain berasal dari Kanada, Turki, Nepal, Serbia, Philipina, Vietnam, Amerika Serikat, Jerman, Uni Soviet, Polandia, Italia, Bangladesh, India, Taiwan, Jepang, China, Singapura, dan lainnya.

Pimpinan Sanggar Limanjawi Art House Umar Chusaeni mengatakan, momen ini menjadi ajang kolaborasi seni dan budaya seniman masing- masing negara.

“Di Borobudur sendiri, mereka melihat bahwa seni budaya lokal sangatlah bagus tidak kalah dengan kebudayaan asing. Mereka bahkan mengagumi budaya dan peradaban Jawa yang mampu menghasilkan bangunan monumental sehebat Candi Borobudur,” jelas Umar.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign