Digelar, Festival Wayang Sawahlunto

Bandung, Jabar - Kementerian Pariwisata RI kembali menggelar Festival Wayang Nusantara Sawahlunto (FeWaNuSa) ke 3 tahun 2015. Rangkaian kegiatan yang akan menampilkan kelompok seni Wayang dan Karawitan dari dalam dan luar negeri akan berlangsung Kamis (22/10/2015) hingga Minggu (25/10/2015) mendatang di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

Demikian diungkapkan Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuty, dalam siaran persnya kepada PRLM, Kamis (22/10/2015), bahwa penyelenggaraan Festival Wayang Nusantara Sawahlunto 2015, merupakan bentuk promosi pariwisata “Pesona Indonesia”.

“Festival Wayang Nusantara Sawahlunto atau FeWaNuSa ke 3 tahun 2015 ini diharapkan dapat mendorong perkembangan Kota Sawahlunto sebagai kota wisata sejarah dan budaya, dan terciptanya multiplayer effect perekonomian dari pelaksanaan event tersebut seperti di bidang Akomodasi, rumah makan, pedagang jajanan pasar, sektor transportasi, souvenirshop dan lainnya serta akan berdampak juga terhadap perkembangan kesenian khas Jawa dan Wayang khusunya, baik bagi masyarakat Jawa itu sendiri maupun masyarakat Kota Sawahlunto sebagai pendukung kebudayaan tersebut,” papar Esthy Reko Astuty.

Pada festival wayang tahunan ini, Jawa Barat mengirim grup kesenian “Wayang Ajen” yang berdomisili di Kota Bekasi dengan dalangnya Ki Wawan Ajen Gunawan.

Kepercayaan diberikan kepada Wayang Ajen, karena sudah malang melintang di 49 negara dengan selalu mempromosikan “wonderful Indonesia” kini saatnya tampil di hadapan masyarakat Sawahlunto dan sekitarnya.

Dalam keterangannya via telepon, Wawan Ajen mengungkapkan bahwa sebagaimana ciri khas penampilan wayang golek dirinya akan menampilkan format pertunjukan wayang Ajen dengan konsep kekinian yang lebih atraktif, komunikatif, dan adaptif untuk semua kalangan umur para penikmat. Selain Wawan Aje, dari Pulau Jawa juga akan diikuti Dalang Ki Nuryanto Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah.

Paguyuban Setyalaras dan dari Kota Sawahlunto sendiri akan menampilkan Paguyuban Bina Laras dengan dalang Ki Slamet Carito yang akan kembali memperkenalkan wayang “Mbah Soero” sebagai ikonnya Wayang Kota Sawahlunto.

Selain itu akan hadir Paguyuban Joyo Laras dari daerah Simalungun Sumatera Utara, Paguyuban Ngudi Laras dari Provinsi Sumatra Selatan dengan dalang Ki Cahyo Wibisono akan membawakan lakon “Gatot Kaca Lahir”, dan juga Paguyuban dari Provinsi Riau.

Untuk wilayah Sumatra Barat sendiri sebagai tuan Rumah Festival akan diwakili oleh beberapa Paguyuban di antaranya adalah Paguyuban Kridho Budaya dari Pasaman Barat dengan dalang Ki Jarno, dari Kab, Dhamasraya.

Dari luar negeri akan tampil Komposer dan Pemusik asal Australia “Brett John Calliss”, beliau akan berkolaborasi dengan “Sriyanto, M.Sn, dan melibatkan Mahasiswa/i ISI Padangpanjang serta para pengrawit dari Sanggar Binalaras Kota Sawahlunto pada acara Opening Ceremony dengan lakon bertajuk “sang pejuang”.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign