Festival Tanjung Lesung 2015 Digelar 30-31 Oktober

Serang, Banten - Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Banten akan menggelar Festival Tanjung Lesung dengan menyajikan berbagai kegiatan sport tourism. Hal ini dilakukan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke kawasan pantai selatan daerah itu.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten M. Ali Fadilah mengatakan, pihaknya akan menggelar Festival Tanjung Lesung 2015 pada 30-31 Oktober. Di acara ini, menampilkan perlombaan baru di dunia yakni Bagan Race atau balap perahu menyusuri pantai di kawasan Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang.

"Kita ingin membuat kreasi atau terobosan baru. Ini diharapkan menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang akan menyaksikan festival tersebut," kata Ali Fadilah, Senin (19/10) kemarin.

Ia mengatakan, Bagan Race tersebut akan menggunakan sarana perahu nelayan yang di atasnya terdapat kerangka bagan (tempat menangkap ikan) yang dapat ditumpangi sebanyak 20 orang penumpang. Panitia Festival Tanjung Lesung 2015 menyiapkan sebanyak sepuluh unit perahu bagan untuk diperlombakan.

"Para peserta lomba adalah stakeholder kepariwisataan, termasuk masyarakat setempat," ujarnya.

Ali mengatakan, Bagan Race diharapkan akan menjadi salah satu daya tarik Festival Tanjung Lesung 2015. Pasalnya perlombaan perahu bagan belum pernah dilakukan, dan dapat dikatakan sebagai yang pertama kalinya di dunia kepariwisataan.

"Nanti akan bertambah lagi satu warisan budaya Provinsi Banten yaitu Perahu Bagan," kata Ali.

Bagan Race ini akan dimulai dari Pantai Kerang, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang dan finis di Beach Club, pantai yang berada di dalam kawasan Pariwisata Tanjung Lesung.

Ada tiga kategori yang diperlombakan dalam Bagan Race, yaitu pemenang yang tercepat, kemudian pemenang yang paling indah mendekorasi atau menghias bagan, dan terakhir pemenang yang berhasil membawa ikan sebanyak-banyaknya ketika sampai di garis finis.

Dalam Festival Tanjung Lesung 2015, selain Bagan Race ada beberapa kegiatan lain yang juga disajikan, diantaranya Parade Nelayan dan Festival Budaya, Parade Sepeda Hias, Pameran Produk UMKM, serta pertunjukan film hasil kreasi para sineas muda Banten dari Kremov Pictures, yakni film "Jawara Kidul" dan "Perempuan Lesung".

"Insya Allah salah satu film hasil kreasi teman-teman sineas muda Banten akan diikutkan dalam nominasi Festival Film Indonesia 2015 yang akan digelar di ICE Kota Tangerang Selatan, Banten," katanya.

Dalam Festival Tanjung Lesung 2015, juga akan digelar Pesta Bakar Ikan di pinggir pantai Beach Club Tanjung Lesung, penanaman terumbu karang di Pulau Liwungan, yang rencananya dipimpin Gubernur Banten Rano Karno.

Festival Tanjung Lesung 2015 akan melibatkan sekitar 20.000 masyarakat, baik dari Kabupaten Pandeglang maupun dari kabupaten/kota di Banten.

Menurutnya, sejumlah wisatawan dari luar Banten juga dipastikan hadir dalam acara tersebut, termasuk wisatawan dari Malaysia dan Singapura. Wisatawan yang datang merupakan para pelaku pariwisata yang akan hadir untuk mengikuti pertemuan forum bisnis yang melibatkan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (Asppi).

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign