FSB Siak 2015 Dibuka Resmi Oleh Bupati

Siak, Riau - Pelaksanaan Festival Siak Bermadah (FSB) yang digelar setiap tahun merupakan konsistensi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak dalam mewujudkan visi jangka menengah 2015-2020, sehingga Siak menjadi pusat budaya Melayu yang sebenarnya di Provinsi Riau.

"Festival Siak Bermadah yang kami gelar setiap tahun merupakan bentuk pembinaan dan pelestarian budaya secara kontinue, agar potensi wisata yang kita miliki juga dapat dikembangkan," kata Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi didampingi Wakil Bupati H Alfedri, saat membuka kegiatan FSB tahun 2015 di lapangan Siak Bermadah depan Istana Siak, Sabtu (10/10/2015) malam.

Menurut Bupati, Siak menjadi rujukan budaya Melayu di Riau bisa diwujudkan dengan pengembangan budaya melalui kegiatan FSB. Di samping itu juga merupakan salah satu faktor penting guna meningkatkan sektor wisata, khususnya di Kabupaten Siak

"Ini merupakan wadah dan wahana pembinaan kebudayaan, untuk melestarikan dan mengembangkan seni yang indah menurut estetika, dan seni yang benar menurut agama," kata Bupati.

Dia menambahkan, kepedulian masyarakat Siak terhadap pengembangan budaya Melayu selama ini, mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat.

"Baru-baru ini, saya menerima penghargaan kebudayaan dari Pemerintah Pusat. Prestasi ini merupakan bukti nyata untuk masyarakat Siak yang ikut berperan dalam mengembangkan serta melestarikan budaya Melayu di Siak melalui FSB yang digelar setiap tahun," jelasnya.

Pembukaan FSB ke-13 tahun 2015 ini ditandai dengan petikan alat musik gambus oleh Bupati Siak H Syamsuar, selaku Datuk Setia Amanah Lembaga Adat Melayu Riau, Kabupaten Siak, didampingi Wakil Bupati Siak H Alfedri, Ketua LAMR Kabupaten Siak H Wan Anwar dan segenap unsur Forkompimda Siak yang disaksikan ribuan masyarakat memadati lapangan Siak Bermadah.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal mengharapkan FSB dapat menjadi ajang promosi daerah dan budaya Melayu.

"Saya mengajak kita semua untuk meningkatkan kepedulian terhadap budaya yang kita miliki. Kami dari Pemerintah Provinsi memberikan apresiasi yang setinggi-tinggi atas terselenggaranya FSB ini dengan baik. Ke depan semoga kegiatan FSB ini lebih ditingkatkan lagi," jelasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts