Pawai Budaya Tutup Festival Skala Brak 2015

Liwa, Lampung - Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olaharaga setempat melaksanakan pawai budaya sebagai rangkaian penutup dari kegiatan Festival Skala Brak tahun 2015 yang telah digelar sejak 30 September lalu, Sabtu (10/10/2015).

Pawai budaya tersebut akan diikuti seluruh kecamatan, sekolah dan berbagai suku dan etnis yang ada di wilayah Lambar. Pada acara itu, masing-masing rombongan akan menampilkan atraksi masing-masing sesuai dengan hasil karya seni dan budaya yang ada dari daerahnya.

Pawai budaya tersebut akan dilaksanakan dengan start dari depan Hotel Permata Liwa dan finis di jalur dua kompleks perkantoran Lampung Barat. Penyambutan peserta pawai budaya tersebut akan dilakukan para pejabat, baik pejabat dari pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten.

Kepala Dinas Pariwisata Lampung Barat, Ujang Misron, kemarin, menjelaskan kegiatan pawai budaya ini merupakan acara penutup dari semua rangkaian kegiatan Festival Skala Brak yang telah dilaksanakan sejak 30 September 2015.

Pawai budaya ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan puncak peringatan HUT ke-24 Lampung Barat yang dipusatkan di kompleks perkantoran Pemkab Lambar.

Menurut dia, ada beberapa rangkaian kegiatan Festival Skala Brak antara lain sejumlah lomba seni budaya seperti lomba hadrah, lomba lagu daerah Lampung, lomba nyambai, lomba bubandung, tari kreasi, dan sebagainya yang telah digelar beberapa hari sebelumnya. Kemudian ada juga kegiatan himpun adat yang dikuti empat kepaksian dan dipusatkan di Gedung Dalom Kepaksian Buay Pernong di Kecamatan Batubrak.

Kegiatan himpun atau musyawarah adat ini dilaksanakan sebelum pelaksanaan peletakan batu pertama pembangunan Stadion Olahraga (GOR) Bumi Skala Brak di kompleks Sekuting Terpadu Liwa oleh para pejabat. Setelah peletakan batu pertama, kegiatan dilanjutkan dengan pawai budaya yang akan disaksikan Raja Kepaksian Pernong dan para tamu negara dan provinsi.

Rangkaian kegiatan Fetival Skala Brak telah dimulai sejak 30 September lalu dan hari ini Sabtu (10/10/2015) merupakan hari puncak kegiatan dari seluruh rangkaian acara HUT ke-24 Lambar yang dilaksanakan bersamaan dengan Festival Skala Brak 2015. Kegiatan HUT Lampung Barat dan Festival Skala Brak ini dilaksanakan secara serentak dengan maksud agar seluruh rangkaianya berjalan dengan sukses. Khusus untuk kegiatan Festival Skala Brak tujuannya adalah sebagai upaya promosi potensi bidang pariwisata yang dimiliki Lampung Barat.

Pawai budaya misalnya, tujuannya untuk memperkenalkan kepada masyarakat, baik lokal maupun luar daerah bahwa Lampung Barat memiliki banyak ragam budaya dan adat istiadat yang cukup menarik karena masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Selain potensi seni budaya, Lampung Barat juga memiliki potensi wisata alam, benda bersejarah dan lain sebagainya. Melalui kegiatan ini maka diharapkan dapat menjadikan Lampung Barat sebagai daerah sasaran tujuan wisata serta memotivasi dunia usaha bidang pariwisata di Lambar.

Selain karnaval budaya, acara puncak kegiatan HUT Lampung Barat ini juga akan digelar pesta rakyat. Untuk memeriahkan acara itu, panitia menghadirkan sejumlah penyanyi dangdut dari Ibu Kota antara lain Zaskia Gotik dan sejumlah artis jebolan Kontes Dangdut Indonesia (KDI) seperti Ega dan Irfan.

Kemudian juga digelar acara cakak buah (panjat pinang) yang akan diikuti sekura dari berbagai kecamatan. "Kami optimistis kegiatan ini berlangsung meriah," kata Ujang.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign