Peringatan 1 Muharram di Kenanga Angkat Budaya Melayu

Bangka, Babel - Momen Peringatan Perayaan Tahun Baru Islam atau 1 Muharam 1437 Hijriah di Kelurahan Kenanga, Rabu (14/10/2015) sudah menjadi tradisi sama seperti lebaran.

Namun perayaan 1 Muharam di Kenanga ini justru lebih meriah dan ramai dibandingkan Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha.

Setiap rumah warga menyajikan berbagai menu khas lebaran ditambah menu khas Bangka. Bahkan hampir di setiap rumah dipasang tenda-tenda khusus untuk menampung tamu yang datang.

Sanak keluarga, kerabat hingga warga dari berbagai daerah datang berkunjung sehingga tali silaturahmi antar masyarakat kian erat.

Bahkan beberapa warga Kenanga dari perantauan khusus pulang ke kampung halamannya di Kelurahan Kenanga setiap menyambut Tahun Baru Islam ini.

Diakui Wakil Bupati Bangka Rustamsyah, peringatan 1 Muharam di Kenanga ini mengangkat nilai-nilai budaya masyarakat Kenanga yakni budaya melayu.

Di dalam peringatan Tahun Baru Islam di Kenanga ini mencerminkan pola pikir masyarakat yang dikembangkan dalam berbagai aspek kehidupan.

"Saya berharap perayaan peringatan 1 Muharam kita semakin baik. Kita bisa hadir disini sudah menjadi nikmat merupakan nikmat dan rezeki terutama nikmat Islam dan iman," kata Rustamsyah dalam sambutannya di Masjid Al Mu’minun Kenanga.

"Momentum Tahun Baru Islam ini menurutnya sarana untuk memperbaiki apa yang telah dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya, yang buruk-buruk kita tinggalkan," pesan Rustamsyah.

Diakuinya, tujuan dari peringatan 1 Maharam di Kenanga untuk meningkat keislaman, keimanan dan ukhukuwah islamiah.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign