Samarinda Gelar Festival Mahakam Awal November

Samarinda, Kaltim - Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda, Kalimantan Timur, kembali menggelar Festival Mahakam pada 6 hingga 8 November.

Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Komunikasi dan Informatika Samarinda HM Faisyal, Kamis, mengatakan agenda tahunan itu ditujukan untuk memperkenalkan pariwisata dan budaya Samarinda sekaligus menarik kunjungan wisatawan.

Festival di sepanjang tepi Sungai Mahakam itu, menurut dia, akan meliputi atraksi seni budaya, lomba, dan pameran.

Seperti tahun lalu, di ajang itu juga akan ada Mahakam Sampe Music Festival, yang menampilkan grup-grup musik dari berbagai aliran yang menonjolkan permainan alat musik tradisional Suku Dayak bernama "sampe" atau "sape".

"Kami mengundang beberapa musisi dari wilayah Kalimantan, salah satunya YK Band asal Kota Samarinda dengan aliran musik jazz, selain juga beberapa seniman dari Desa Budaya Pampang dan musisi dari kota lain," ujarnya.

"Selain itu, juga ada parade seribu penari Hudoq (salah satu tarian tradisional Suku Dayak), Mahakam Sunset Gowes, Jazz Fiesta, dan kegiatan seminar seni budaya Tajong Samarinda," tambah Faisal.

Festival juga meliputi lomba menyeberangi sungai, balap tambangan (perahu klotok), dan balap power boating, lomba perahu ces, festival band indie, lomba kirab drumband, pentas dangdut, pawai budaya, lomba kuliner tradisional, hingga pameran usaha kecil menengah dan batu mulia.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign