Anjungan Riau Kembali Gelar Budaya Melayu

Jakarta - Anjungan Riau Taman Mini Indonesia Indah(TMII) kembali menggelar pentas budaya Melayu. Digelar Sabtu(5/12) tadi malam, pentas budaya menampilkan paket acara khusus dari Kabupaten Indragiri Hulu.

Kepala UPT Anjungan Riau TMII, Zulfikar mengatakan, paket acara khusus rutin digelar di anjungan Riau TMII. Ini untuk mengenalkan budaya Melayu ke masyarakat luas. Agar, budaya Melayu menjadi handalan negeri marwah budaya martabat bangsa.

”Pagelaran seni budaya Melayu ini nanti juga akan maju di parade musik tradisional TMII,” ujar Zulfikar dalam pembukaan pagelaran seni budaya Melayu di anjungan Riau, TMII di Jakarta Timur, Sabtu(5/12) tadi malam.

Dari pantuan indopos.co.id di anjungan Riau, pentas budaya Melayu menampilkan beberapa tari tradisional seperti tari panyambutan atau sakapur sirih dan sendratari tradisional dari masyarakat Talang Mamak.

Pada masyarakat Talang Mamak upacara bayi yang baru lahir dan kematian dilakukan dengan menggelar ritual tradisional. Di tempat yang sama, Kepala Badan Penghubung Riau di Jakarta, Doni Aprialdi mengatakan, Provinsi Riau memiliki kekayaan budaya yang luar biasa.

Pasalnya, menurut Doni 12 kabupaten/ kota yang ada di Riau memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. ” Sekalipun 1 provinsi, budaya tiap kabupaten berbeda, beda. Dan kita sangat berterima kasih kepada TMII yang selalu menyediakan tempat untuk menggelar kebudayaan Melayu khususnya,” ujar Doni Aprialdi.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign