Benteng Art Festival Gelar Aneka Budaya Tangerang

Tangerang, Banten - Menampilkan seni budaya tradisional, Benteng Art Festival 2 digelar di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang. Aneka kesenian budaya lokal di kota Akhlakul Karimah itu dipertontonkan.

Perhelatan akbar tahunan yang akan berakhir pada Sabtu (21/11/2015) itu dibuka oleh ‎Walikota Tangerang, Arief Wismansyah, kemarin. Benteng Art Festival yang rencananya akan diadakan setiap tahun ini bertujuan untuk memupuk kebersamaan dan kekompakan diantara warga Kota Tangerang.

‎”Kami berharap setiap tahunnya ada peningkatan, untuk tahun ini kami kedatangan temen – temen dari luar Tangerang. Kedepan kami berharap dapat melibatkan budayawan lain yang ada di indonesia, sehingga membuktikan meskipun berbeda kebudayaan tapi tetap dapat memperkuat persatuan dan kesatuan indonesia.” kata Walikota saat meresmikan Benteng Art Festival.

Selain itu juga melalui kegiatan kali ini pihaknya berharap dapat semakin memupuk kebersamaan dan juga kekompakan antar warga, mengingat kebhinekaan budaya merupakan kekuatan tersendiri yang membedakan Kota Tangerang dengan daerah lainnya yang ada di Indonesia.

Arief Wismansyah berharap masyarakat dan DPRD mendorong festival tahunan ini sebagai potensi wisata hingga akhirnya Kota Tangerang menjadi kota yang layak dikunjungi.

“Saya minta dukungan masyarakat dan juga DPRD untuk menjadikan festival ini menjadi salah satu festival wisata. Sebelumnya juga kita sudah sampaikan di rapat evaluasi untuk mendorong kampung wisata yang ada di wilayah, agar semakin memperkaya potensi wisata kita,” kata Arief.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, M. Luthfi menyampaikan bahwa selain gelaran budaya lokal, seperti Lenong dan Gambang kromong, pada gelaran kali ini juga akan diadakan lomba – lomba kesenian yang melibatkan masyarakat dan juga anak sekolah.

“Akan ada banyak lomba yang kami gelar, salah satunya ada lomba tari yang akan melibatkan siswa-siswa yang ada si Kota Tangerang.”

Terkait keterlibatan pelajar, Luthfi menegaskan ini merupakan salah satu upaya pemerintah Kota Tangerang untuk melestarikan kebudayaan lokal yang ada di Kota, sehingga kedepannya dapat meraih prestasi baik di tingkat nasional bahkan hingga internasional.

-

Arsip Blog

Recent Posts