Degung Klasik Didendangkan di IPB

Bogor, Jabar - Dewan Kesenian Kabupaten Bogor (DKKB) mulai menunjukan eksistensinya. Salah satunya dengan mengelar Pekan Seni Budaya dan Workshop Seni Degung Klasik melibatkan praktisi budaya se–Kabupaten Bogor yang digelar di Gedung Auditorium Fakultas Peternakan IPB Dramaga.

Peserta workshop diikuti pelajar, mahasiswa dan guru sekolah. Satu-persatu alat musik yang disediakan dalam work­shop diperkenalkan kepada peserta.

Divisi Karawitan DKKB Herman Lirayana sekaligus pemateri mengatakan, Kegiatan ini salah satu sarana kampanye dalam mengumandangkan seni budaya Sunda yang mulai ditinggalkan karena tergerus moderenisasi. Oleh karena itu, hadirnya DKKB menjadi wadah para seni dan budaya untuk mempertahankan warisan paling berharga dari leluhur.

“Peserta workshop diberikan tontonan salah satu pertunjukan karawitan, di mana para pemainnya adalah warga asing,” ujar Divisi Karawitan DKKB Herman Lirayana.

Masih ada generasi muda yang masih melirik dan ingin belajar tentang budaya Sunda terlebih Seni Degung Klasik,” imbuh pria yang juga mahir memainkan kacapi (salah satu alat musik tradisional Sunda).

Sementara itu, Nonok salah satu peserta Seni Degung Klasik dan merupakan guru SMPN 1 Sukajaya, Kecamatan Sukajaya menuturkan, dengan mengikuti workshop ini bisa menambah banyak ilmu dan pengalaman tentang seni sunda, apalagi peserta diberikan kesempatan untuk memainkan alat musik Seni Degung Klasik di hadapan peserta workshop lainnya. “Saya ingin acara seperti ini terus dilakukan supaya seni budaya Sunda tidak punah,” tungkasnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign