Ensiklopedia Budaya Kulonprogo Segera Terbit

Kulonprogo, DIY - Kulonprogo bakal punya ensiklopedi budaya. Saat ini, penyusunan ensiklopedia dalam bentuk buku tersebut telah mencapai 70 persen.

Kepala Disbudparpora Kulonprogo, Krissutanto, mengatakan buku tersebut rencananya akan selesai pada Desember mendatang.

Isinya, antara lain memuat aspek kebudayaan, ekonomi dan mata pencaharian masyarakat, serta religiusitas masyarakat Kulonprogo.

"Selain itu juga ada hal seputar bahasa, kesenian, perkembangan teknologi, kuliner, sejarah, dan seputar purbakala di Kulonprogo," jelasnya, Rabu (18/11/2015).

Krissutanto mengatakan selama ini Kulonprogo belum memiliki dokumentasi tersebut. Padahal, Kulonprogo kaya akan budaya dan potensi di masyarakatnya.

Sebab itu, adanya ensiklopedia budaya dapat menjadi rujukan terpadu serta memperkaya sumber pustaka.

Adapun sumber data penyusunan ensiklopedia tersebut menjaring dari para ahli dan tokoh masyarakat. Kendala yang dihadapi, antara lain harus melakukan verifikasi dan validasi data yang diperoleh.

"Dan hari ini kami gelar Focus Group Disscussion (FGD) dan public hearing untuk menjaring kritik dan saran," ujarnya.

Tidak berhenti pada ensiklopedia, Krissutanto mengatakan ke depan juga bakal menyusun buku-buku lain yang merupakan turunan dari bab dan sub bab dalam ensiklopedia budaya.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kulonprogo, Harminto, menyatakan dukungannya terkait penyusunan ensiklopedia tersebut.

Pasalnya, selama ini memang banyak hal unik dan bersejarah serta berkaitan dengan budaya di Kulonprogo yang belum terdata.

"Lagipula bisa melengkapi koleksi arsip. Itu penting dan masyarakat membutuhkannya," kata Harminto.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign