Festival Bambu Nusantara, Upaya Melestarikan Bambu

Pringsewu, Lampung - Festival Bambu Nusantara akan digelar hari Kamis (26/11/2015) ini di Pringsewu. Rencananya, festival ini juga digelar di kebun bambu.

Pringsewu dikenal karena bambunya yang tertanam di berbagai sudut kabupaten tersebut. dalam Festival Bambu Nusantara nanti akan digelar rangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pelestarian bambu, salah satunya adalah seminar mengenai bambu.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pringsewu, Heri Iswahyudi mengatakan kegiatan seminar tersebut akan digelar di kebun bambu yang agak jauh dari pemukiman warga.

“Kami siapkan tenda-tenda di kebun bambu, karena kalau di hotel sudah biasa. Kita akan bawa anak-anak pramuka untuk semangat memelihara bambu,” jelas Heri di Gedung Sapta Pesona, Jln. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Heri juga berharap ke depannya Pringsewu dijadikan sebagai lokasi Festival Bambu Nusantara seterusnya. Karena Pringsewu memiliki sejarah yang sangat berhubungan dengan pohon bambu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lampung, Choiria Pandarita mengatakan bahwa selama ini Pringsewu memang telah identik dengan bambu.

Bahkan, wisatawan akan mulai merasakan nuansa alam dengan ornamen bambu ketika memasuki daerah ini.

“Jadi kami menamakan Pringsewu sebagai kota bambu. Dari pintu masuk saja kami beri ornamen bambu. FBN tahun lalu sudah cukup sukses, semoga seterusnya diadakan di sini,” ujarnya.

Fastival Bambu Nusantara 2015 digelar mulai tanggal 26 hingga 29 November 2015. Dalam acara ini, beberapa kegiatan dilakukan, dari seminar mengenai bambu hingga pertunjukan musik dari beberapa seniman alat musik tradisional bambu.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign