Festival Batanghari Upaya Promosikan Wisata Jambi

Jambi - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi, menyebutkan penyelenggaraan festival Batanghari 2015 itu sebagai salah satu upaya mempromosikan potensi wisata di daerah ini.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disbudpar Provinsi Jambi, Dendy Denmark di Jambi, Sabtu, mengatakan, Pemprov Jambi melalui Disbudpar akan melaksanakan festival Batanghari yang merupakan agenda tahunan itu pada tanggal 25-28 Nopember 2015.

"Subtansi pelaksanaan festival Batanghari ditekankan pada upaya mempromosikan atau memperkenalkan segenap potensi wisata untuk menjadi daya tarik wisatawan, selain memperkenalkan industri ekonomi kreatif, budaya dan kearifan lokal lainnya," katanya.

Dendy menjelaskan, agenda yang akan diselenggarakan di tepian sungai Batanghari Jambi itu antara lain berupa, pameran budaya, pariwisata dan ekonomi kreatif, pemilihan Bujang Gadis Jambi, festival Film Documenter, Band, Tari Daerah, lagu daerah dan tradisi etnis Tionghoa berendam di sungai Batanghari.

Selain itu pegelaran festival Batanghari juga diisi kegiatan lomba fotografi wisata di Jambi, festival Layang Layang, City Tour, aktivitas Sadar Wisata dan Rolling Thunder Komunitas Motor

Dendy mengatakan, Sebagai sebuah event yang diharapkan dapat menjadi Core Event, pembenahan-pembenahan dalam hal penggalian dan pengembangan potensi objek daya tarik wisata dan masyarakat sekitar festival yakni di kawasan Taman Tanggo Rajo dan Seberang Kota Jambi sangat perlu dilakukan.

"Sehingga sinergitas kesiapan pelaksanaan festival Batanghari dapat berjalan serasi, selaras dan seimbang dalam rangka mencapai Outcome event, yakni adanya peningkatan arus kunjungan wisata ke Provinsi Jambi dan meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat," katanya menjelaskan.

Di lokasi festival saat ini sudah berdiri dua objek wisata baru yang menjadi ikon Jambi, yakni jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy. Dimana tahun lalu dua objek wisata itu masih dalam tahap pembangunan.

"Khusus festival main layang-layang nanti difokuskan di Menara Gentala Arasy. Dan titik utama penyelenggaraan festival tetap sama seperti tahun lalu, yakni di pinggir sungai Batanghari tepatnya di depan rumah dinas Gubernur Jambi," katanya.

"Sekarang kita sedang melakukan persiapan-persiapan dan publikasi terkait event festival Batanghari itu. Mudah-mudahan ini berjalan sukses," kata Dendy menambahkan.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign