Garut Optimalkan Potensi Budaya dan Seni Tradisi

Garut, Jabar - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut akan mengoptimalkan potensi budaya dan pementasan seni tradisional yang memiliki nilai produk kearifan lokal asli Kabupaten Garut.

"Mulai tahun 2016 kami akan mengagendakan secara rutin, pementasan seni tradisional produk kearifan lokal yang memiliki nilai jual, seperti halnya seni adu ketangkasan domba, surak ibra, yang merupakan seni tradisional khas daerah Garut," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Budi Gangan, Jumat (18/12/2015).

Budi yakin pementasan seni tradisional kearifan lokal ini akan menarik wisatawan lokal, domestik dan mancanegara, atau bisa juga hanya pelancong biasa.

"Ini akan semakin menarik minat wisatawan jika pementasan seni tradisional dikemas dengan baik dan dikolaburasikan dengan objek wisata yang ada dikabupaten Garut," katanya.

Dilain hal Disparbud Kabupaten Garut, Kata Budi akan memberdayakan seluruh potensi praktisi seni dan budayawan lokal Garut, "Hal ini dilakukan agar mereka merasa dihargai dan diakui keberadaannya dan tidak dipandang sebelah mata oleh pemerintah khususnya," ucapnya.

Selain itu kata dia Pemkab Garut akan membantu membangun fasilitas penunjang, seperti infrastruktur gedung kesenian daerah.

"Jelas hal ini dilakukan untuk mengakomodasi para pelaku seni dan budayawan lokal di Kabupaten Garut, yang jumlahnya cukup banyak," kata dia.

Oleh karena itu Budi berharap dengan pembangunan infrastruktur dan akomodasi bagi budayawan ini bisa meningkatkan kualitas pariwisata Garut agar lebih berkembang di masa yang akan datang.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign