Gejok Lesung Meriahkan Pawai Budaya BNPT

Yogyakarta - Sepanjang Jalan Malioboro Yogyakarta, Kamis (29/10) sore mendadak ramai dengan hadirnya pawai budaya nusantara Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Pawai budaya nusantara ini sebagai salah satu bentuk gerakan anak muda dan masyarakat dalam menolak terorisme.

"Kami sengaja menggelar pawai budaya nusantara untuk melawan aksi terorisme melalaui seni dan budaya. Pencegahan melalui seni budaya ini kami anggap paling cocok dan mengena dalam upaya pencegahan terorisme," ujar Ketua BNPT, Komjen Saud Usman Nasution kepada wartawan di sela-sela pawai budaya nusantara.

Dalam pawai budaya ini setidaknya ada sekitar 22 komunitas seni budaya dan komunitas olahraga di DIY tampil di sepanjang Jalam Malioboro. Mereka terdiri dari tari topeng cangik, paguyuban gejok lesung, barobgsay dan atraksi seni lainnya. Para peserta pawai kebanyakan berasal dari kalangan anak muda. Hal ini sengaja dilakukan karena mental anak muda yang masih labil akan mudah terjerumus dalam kelompok radikal yang berujung lahirnya gerakan-gerakan terorisme.

"Melalui bawai budaya nusantara kami sepakat secara nyata menolak terorisme dan aksi-aksinya. Jangan sampai terorisme menggerogoni nilai kecintaan terhadap bangsa dan negara," imbuh Saud menjelaskan.

Sementara salah satu peserta pawai, Nanang Riyadi mengapresiasi kegiatan BNPT salah satunya dengan kegiatan seni budaya. Ini sebagai cara paling efektif untuk memasukkan nilai nasionalisme dan patriotisme terhadap anak muda. "Sebagai anak muda kami tak tahu betul apa sebenarnya terorisme. Tetapi kami hanya mengetahui terorisme termasuk paham radikal yang harus dicegah dan diberantas. salah satunya melalui diri sendiri," jelasnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign