Ghatib Beghanyut, Wisata Religi Nan Islami di Kota Istana

Siak, Riau - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemkab Siak kembali menggelar tradisi Ghatib Beganyut, yang dipusatkan di Pelabuhan Internasional LLASDP Siak Sri Indrapura Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Jumat (20/11/2015) malam.

Kegiatan religius yang dibuka Bupati Siak H Syamsuar itu dihadiri ratusan tokoh masyarakat, tokoh agama, alim ulama, tokoh adat dan cendikiawan di Kota Istana.

Kata Syamsuar, selain bertujuan untuk menghindarkan musibah, kegiatan Ghatib Beganyut juga dapat menunjang upaya pemerintah daerah guna mewujudkan Kabupaten Siak sebagai destinasi wisata religius di Provinsi Riau.

"Kegiatan Ghatib Beghanyut ini lebih tepat kita kembangkan sebagai iven wisata religi yang bernuansa Islami di Kota Istana," kata Syamsuar, sebelum melepas rombongan Ghatib Berhanyut menaikan kapal.

Ketua LAMR Kabupaten Siak Wan Anwar menjelaskan, kegiatan yang dilakukan saat beghanyut yakni melaksanakan zikir dan tahlil berjamaah di atas kapal dan sampan dengan berhanyut di sepanjang Sungai Siak.

"Kegiatan ini rutin kita laksanakan setiap tahunannya di bulan Safar, tentu ini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Istana ini," jelasnya.

Tradisi melaksanakan zikir dan tahlil berjamaah di atas kapal dan sampan dengan berhanyut di Sungai Siak ini sebelumnya juga dirangkai dengan kegiatan ziarah ke makam sultan-sultan yang ada di Kota Siak Sri Indrapura.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign