Keraton Kasepuhan Gelar Lomba Marawis

Cirebon, Jabar - Sebanyak 12 grup seni marawis dari sejumlah sekolah dan pesantren sewilayah Cirebon, berlomba memperebutkan piala Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan.

Selain piala, lomba yang digelar selama tiga hari mulai Sabtu (19/12/2015) di bangsal pagelaran kompleks Keraton Kasepuhan, juga berhadiah uang tunai jutaan rupiah.

Menurut Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, lomba marawis digelar sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Muludan dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhamad SAW, di Keraton Kasepuhan.

Menurut Arief, lomba marawis digelar sebagai bagian dari kepedulian keraton terhadap perkembangan budaya Islam di Cirebon.

"Selain itu, ada sejumlah kegiatan budaya yang sudah menjadi tradisi dan dilakukan selama ratusan tahun, dari mulai sebelum, menjelang dan selama prosesi panjang jimat, yang merupakan puncak perayaan Maulud Nabi," katanya.

Sementara itu, Riana, salah seorang panitia lomba marawis Grebeg Mulud 1437 H, mengatakan, lomba marawis bukan hanya mencari juara 1 sampai 3, tetapi juga juara harapan 1.

"Selain itu juga memperebutkan sejumlah kategori pemenang terbaik diantaranya vokal terbaik, junior terbaik dan kekompakan," katanya Sabtu (19/12/2015).

Menurutnya, lomba digelar selama tiga hari dari 19-21 Desember, dan final digelar 22-23 Desember mendatang.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign