Lubuklinggau Lestarikan Musik Keroncong

Lubuklinggau, Sumsel - Pemerintah Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan mendukung pelestarian musik kroncong lagu-lagu daerah yang melibatkan generasi muda melalui festival se-Sumsel di Lubuklinggau. Wakil Wali Kota, Sulaiman Kohar mengatakan pelestarian musik kroncong itu harus mendapatkan perhatian berbagai pihak karena memperkuat nuansa seni masyarakat Indonesia.

Ia di Lubuklinggau, Senin (21/12/2015) menegaskan kegiatan festival itu sebagai motivasi para pelaku kelompok seni musik kroncong dan sekaligus mewujudkan Visit Lubuklinggau kedepan.

"Saya mewakili pemerintah Kota Lubuklinggau sangat menghargai dan berterima kasih kepada panitia pelaksana yang menyelenggarakan kegiatan positif tersebut," ujar dia.

Musik kroncong salah satu warisan budaya bangsa yang perlu dipertahankan, sekarang keberadaannya nyaris tergrus oleh kemajuan moderen, untuk mempertahankan warisan itu generasi muda sangat berperan mendalami dunia musik tersebut. Sekarang sudah sangat langka mendengarkan alunan lagu-lagu kroncong yang mencerminkan budaya bangsa, untuk menggali dan membudayakan kembali khas Indonesia itu mulai digalakkan dari daerah hingga ke tingkat nasional.

"Menggali lagu-lagu kroncong di Lubuklinggau saat diprakarsai Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP)-PGRI setempat yang melibatkan generasi muda sebagai penerus bangsa. Dengan peserta yang rata-rata merupakan generasi muda, sangat diharapkan kegiatan tersebut tidak berhenti pada festival saja, tapi dapat membangun generasi muda dengan mengembangkan seni budaya bangsa kedepan," ungkap dia.

Ketua Musik Kroncong Sumatera Selatan H A Baidjuri Asir mengatakan acara tersebut terselenggara berkat kerja sama Pemerintah Kota Lubuklinggau melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dan STKIP-PGRI Lubuklinggau.

"Kami yakin seni musik kroncong akan kembali bangkit, bila generasi mudanya serius dalam menggali dan mengembangkannya sesuai kemajuan zaman," kata dia.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign