Masyarakat Hampir Lupakan Pentingnya Adat Istiadat

Bangko, Jambi - Bupati Merangin H Al Haris bersama Wabup H A Khafid Moein dan Sekda H Sibawaihi, Rabu (4/11) menghadiri pelantikan pengurus Lembaga Adat Merangin (LAM) Kecamatan Bangko.

Pelantikan berlangsung khidman di Ujung Tanjung Biduk Amo Bangko dihadiri para tokoh masyarakat Merangin dan para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di jajaran Pemkab Merangin.

Pada kesempatan itu bupati mengatakan, perubahan paradigma kehidupan masyarakat saat ini yaitu melangkah ke arah modernisasi, ternyata hampir melupakan pentingnya adat istiadat suatu daerah dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan.

“Akibatnya muncul berbagai permasalahan yang merusak keharmonisan kehidupan bermasyarakat,” ujar Bupati yang saat itu mengenakan busana khas Melayu lengkap dengan kain sarung yang melilit di pinggang.

Adat Melayu Jambi sebutnya, telah menata seluruh kegiatan kemasyarakatan tersebut demi terciptanya ketenteraman dan ketertiban dalam melaksanakannya. Karena setiap permasalahan yang terjadi dimasyarakat dapat diselesaikan dengan baik melalui kearifan adat istiadat.

Lebih lanjut dikatakan bupati, Kabupaten Merangin sebagai Bumi Tali Undang Tambang Teliti berusaha agar adat Melayu Jambi yang saat ini mulai terlupakan dapat difungsikan kembali, sebagai pedoman dalam menata kehidupan bermasyarakat.

Penataan itu baik melalui acara-acara pernikahan maupun acara peresmian-peresmian. Bahkan juga dalam melestarikan suatu perselisihan dalam daerah, dengan prinsip pada adat bersendi syarak, syarak bersendi kitabullah.

“Istilahnya, jalan berambah kito tempuh, baju bajait yang kito pakai. Selain itu saya mengharapkan peran pemuka adat dan ulama dalam menegakan kearifan adat Melayu Jambi perlu ditingkatkan kembali,” pinta Bupati.

Adat istiadat dan nilai sosial budaya masyarakat, salah satu modal sosial yang dapat dimanfaatkan. Salah satu modal sosial yang dapat dimanfaatkan dalam rangka pelaksanaan pembangunan. Sehingga perlu dilakukan upaya pelestarian dan pengembangan sesuai dengan karakteristik dari masyarakat adat.

“Selaku kepala daerah saya ucapkan selamat atas pelantikan lembaga adat Melayu Jambi Kecamatan Bangko. Ini sebagai bentuk upaya pelestarian dan pengembangan adat serta langkah bangkitnya adat Melayu Jambi di Bumi Tali Undang Tambang Teliti,” terang Bupati.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign