Museum Berbasis Budaya dan Wisata Segera Terealisasi di Riau

Pekanbaru, Riau - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Provinsi Riau Kamsol, mengharapkan agar pengembangan sejumlah Museum di Provinsi Riau menjadi Museum yang berbasis Budaya dan Wisata segera terwujud.

Hal tersebut diungkapkannya saat membuka Rapat Koordinasi Museum Kabupaten/Kota di Hotel Grand Elite Pekanbaru, Kamis (17/12/2015) pagi.

Kadisdikbud Riau Kamsol juga menambahkan, Museum selama ini terkenal dengan nuansa yang seram, penuh dengan barang-barang purbakala dan terkesan membosankan. Namun dengan direncanakannya pembangunan museum berbasis wisata dan budaya dia berharap bisa menambah kunjungan wisatawan ke Riau.

"Museum menjadi hal yang sangat penting,karena disana itu termasuk gudang ilmu untuk mengenal budaya kita, memang selama ini museum seperti ada kemunduruan dari berbagai sudut pandang dan jumlah kunjungan, karena memang kondisinya sudah tidak terawat dan terkesan koleksinya itu-itu saja," tuturnya.

Dengan mengembangkan Museum berbasis wisata dan budaya, diakuinya memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun jika hal tersebut bisa direalisasikan dengan baik, dirinya yakin manfaat yang akan didapat jauh melebihi dana yang dipakai.

"Dengan adanya rapat koordinasi ini, kita berharap benar-benar memiliki Museum yang diminati masyarakat, terutama anak-anak didik yang saat ini juga membutuhkan informasi melalui Museum," tukasnya.

Adapun contoh isi Museum kedepan, menurut Kamsol, mulai memasukkan dokumen-dokumen budaya seperti Melayo Jalur Kuansing, dokumenter tentang batik Riau, objek wisata, dan lainya.

"Pada intinya kita akan merubah image yang sebelumnya Museum terkesan menyeramkan, tapi kedepan kita ingin museum tempat yang menyenangkan, tempat untuk wisata. Bukan hanya di museum Provinsi saja, tapi juga Museum di Kabupaten dan Kota, bisa berbnetuk buku-buku, visual dan foto-foto," pungkasnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign