Musik Tradisional Ramaikan Festival Mahakam 2015

Samarinda, Kaltim - Pagelaran musik tradisional bertajuk Mahakam Sampe Musik Festival turut meramaikan Festival Mahakam 2015, kata Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kominfo Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Faisal.

"Baru pertama kali ini, kami menggelar Mahakam Sampe Musik Festival (MSMF) pada pelaksanaan Festival Mahakam," kata Faisal, saat dihubungi di Samarinda, Selasa.

"Kami berusaha melestarikan dan mempromosikan alat musik petik khas suku Dayak. Pada Mahakam Sampe Musik Festival itu, akan ditampilkan enam group yang bermain sampe dengan musik asli, klasik, jazz dan lainnya, untuk menggambarkan bahwa alat musik Sampe bisa sangat fleksibel," katanya.

Selaian musik tradisional, pada Festival Mahakam XV 2015 kata Faisal, juga akan menampilkan berbagai jenis musik diantaranya, band indie, band pub, jazz hingga dangdut.

"Pelaksanaan Festival Mahakam tahun ini cukup istimewa sebab akan menampilkan berbagai pertunjukan musik, mulai tradisional, dangdut, band indie, top 40 hingga musik jazz, Sehingga warga Kota Samarinda bisa memilih tempat, sesuai dengan selera musiknya masing-masing," ujar Faisal.

Pagelaran musik tersebut lanjut Faisal akan dilaksanakan selama tiga hari di Lapangan Bola Karang Asam.

"Khusus band pub dengan tema top 40s mereka tampil setiap sore mulai pukul 16,00-18,00 Wita. Tidak kalah spesialnya yakni, Mahakam Jazz Fiesta ke-4 dan Mahakam Pentas Dangdut," katanya.

"Mahakam Jazz Fiesta yang ke-4 tahun ini (2015) masih menjadi yang unik dan merupakan festival jazz pertama kali di tepi sungai dan kali ini akan dilaksanakan di Tepian Mahakam Square," ujar Faisal.

Sejumlah artis baik ibu kota maupun lokal yang akan memeriahkan panggung musik pada festival Mahakam 2015 tambahyan diantaranya, Gugun Blues Shelter, Soukma ft Indro Hardjodikoro dari Jakarta, Deni Urbanjazz dari Balikpapan serta Sekar Kedaton dari Kutai Kartanegara.

Sedangkan pada Mahakam Pentas Dangdut yang merupakan panggung final atau 10 besar dari Bintang Dangdut Samarinda kata Faisal, akan berlangsung 7 November di Panggung Mahakam Square.

"Mahakam Pentas Dangdut pertama kali juga digabung dengan finalis Bintang Dangdut Samarinda sehingga kami yakin akan menjadi semakin semarak," kata Faisal.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign