Seniman mancanegara kolaborasi tarian khas Kota Kediri

Kediri, Jatim - Seniman tari mancanegara, domestik dan lokal Kediri tumplek di Goa Selomangleng, Kota Kediri untuk mengkolaborasikan seni budaya tari kota kediri dengan seni tari modern.

Acara yang digelar oleh Dinas budaya dan pariwisata pemuda dan olah raga ( Disbudparpora) Kota Kediri ingin Lestarikan budaya jawa khususnya tari tarian.

Abdulllah Abu Bakar, Walikota Kediri mengatakan, jika kota ini mempunyai sejarah budaya, situs dan peninggalan sejarah yang cukup banyak. Dan Pemkot Kediri ingin mengajak kaum muda untuk ikut melestarikan budaya setempat agar tetap terjaga.

“Kegiatan seni yang diadakan di Goa selomangleng memang bertujuan melestarikan kesenian dan budaya kediri dengan kolaborasi dengan berbagai tarian mancanegara agar kesenian kita tak tergerus termakan kesenian barat,” kata Mas Abu panggilan akrab Walikota Kediri, Minggu (20/12/2015).

Sementara itu Nur Muchyar, Kepala Disbudparpora Kota Kediri mengatakan pihaknya mendatangkan seniman yang memang berasal dari mancanegara khususnya Australia, Catalunya, Jakarta dan Bandar Lampung. “Mereka seniman yang ingin kolaborasi dengan tarian jawa khususnya dari Kediri,” kata Nurmuchyar.

Nurmuchyar juga menambahkan jika kegiatan yang dilangsungkan di Museum Goa Selomangkleng kota kediri tak hanya tarian saja namun juga sarasehan tentang budaya kota kediri yang mulai digali oleh pemerintah kota kediri yang akan diadakan pada Minggu malam ini.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign