Seren Taun, Sedekah Bumi di Kampung Adat Sindangbarang

Bogor, Jabar - Warga Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menggelar puncak acara seren taun guru bumi dan sedekah bumi. Tradisi digelar sebagai ungkapan rasa syukur warga atas melimpahnya hasil pertanian sekaligus menyambut musim tanam yang ditandai dengan turunnya hujan beberapa waktu lalu.

Pupuhu Desa Pasir Eurih, Suryadi Falwah Mandala menyebut tradisi itu merupakan upacara adat masyarakat Cibuntu yang berlangsung turun-temurun dan digelar sekali dalam setahun.

"Acara sedekah bumi ini sebagai refleksi permohonan lindungan dari Tuhan sekaligus ungkapan syukur atas nikmat yang telah diraih selama ini," kata Suryadi, Minggu (13/12/2015).

Acara sedekah bumi diawali arak-arakan warga desa yang membawa dongdang (wadah makanan) berisi berbagai macam hasil pertanian dan perkebunan menuju Imah Gede dari Rumah Bali yang berjarak sekitar 700 meter. Pawai itu diikuti barisan pembawa rengkong alias padi hasil panen.

Tiba di alun-alun Imah Gede, rombongan melaksanakan ritual Majikeun Pare Ayah dan Pare Ambu (menggabungkan padi) kemudian dimasukkan ke dalam leuit (lumbung padi) sebagai persediaan pangan untuk setahun ke depan.

Setelah ritual selesai, masyarakat berebut isi dongdang. Mereka percaya dengan memperoleh secuil hasil panen dalam parebut dongdang, akan mendapat berkah dari Tuhan.

Suryadi menyatakan prosesi yang terdapat dalam upacara itu mengandung makna dan petuah sebagai pelajaran bagi masyarakat.

"Dalam kehidupan manusia terdapat tahapan kehidupan yang harus dijalani. Semua tahapan tersebut harus ditempuh dengan baik untuk mencapai kualitas hidup yang ngagerenong atau memuaskan," ungkapnya.

Rangkaian kegiatan yang berlangsung pada siang hari ini juga diwarnai dengan berbagai sajian seni tradisional khas Sunda antara lain Tari Jaipong, Rampak Gendang, dan Angklung Gubrak.

Desa Pasir Eurih ini terletak di Kampung Budaya Sindangbarang. Kampung itu menjadi kampung tertua di Bogor yang merupakan wilayah peninggalan Kerajaan Padjadjaran. Penduduk kampung tetap melestarikan adatnya, termasuk upacara adat seren taun.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign