Tradisi Nikah Massal di Bangka Selatan, Pengantin Wajib Telan Tiga Butir Lada

Toboali, Babel - Wajah empat pasang pengantin kawin massal di Desa Serdang Kecamatan Toboali menebar senyum, Sabtu (21/11/2015).

Para pengantin menjalani proses siraman air kelapa muda dan makan tiga butir lada lalu dihibur dengan tarian yang bernama terbang amak.

"Semoga kegiatan ini dapat dilestarikan dan dikemas dengan baik agar menjadi wisata Kabupaten Basel," ungkap Huzarni Rani.

Menurutnya, kawin massal dapat digelar karena ada kepedulian tokoh budaya dan masyarakat.

Tokoh adat Desa Serdang Sudirman dan Saem mengatakan, prosesi kegiatan diawali dengan memerintahkan beberapa anak buah tokoh adat untuk mengumpulkan beras sebanyak satu batil atau tiga kaleng susu dan uang sukarela dari masyarakat setempat.

Setiap orangtua pengantin diwajibkan membuat lalu memberikan kue kepada anaknya.

Setelah semua barang yang diminta sudah ada, maka hari berikutnya, tepatnya dua hari sebelum pelaksanaan perayaan pengantin massal, tokoh adat melaksanakan ritual bebanten atau syukuran, tujuannya untuk menjaga keamanan dan keselamatan khususnya masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

Saat pelaksanaannya, di siang harinya pengantin dan masyarakat berkumpul di rumah gegadeng atau kepala desa untuk melaksanakan ritual oleh ketua adat berupa menaburkan air kelapa muda dicampur bunga tujuh rupa kepada para pengantin dan tamu undangan, serta pemberian tiga butir lada untuk dimakan pengantin.

Tujuan menabur air kelapa muda dicampur bunga tujuh rupa agar dapat hidup rukun damai serta kekal di dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

Selain itu, pemberian tiga butir lada kepada masing-masing pengantin untuk dimakan, dimaksudkan agar pengantin diberi kekuatan fisik dalam melakukan arak-arakan dan dilindungi dari hal yang tidak diinginkan.

Kemudian, para pengantin diarak dari ujung kampung ke ujung kampung Desa Serdang dengan berjalan kaki sebagai perayaan kegiatan tersebut.

Sepanjang jalan, warga menaburi pengantin dengan beras kuning, harapannya menjadi keluarga yang bahagia.

-

Arsip Blog

Recent Posts