200 Pelajar Sumbagut Kenakan Pakaian Adat di Festival Budaya Nusantara 2016

Medan, Sumut - Para pelajar SMA dari daerah Aceh, Sumatera Utara, dan Riau mengikuti Festival Budaya Nusantara 2016. Kurang lebih 200 pelajar yang tergabung dalam Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) mengenakan pakaian adat masing-masing daerah sekolahnya. Dalam acara ini mereka menarikan tarian daerah di atas podium.

Acara yang bertajuk Science Competition dan Festival Budaya Nusantara 2016 diadakan oleh Komunitas Sahabat Beasiswa Untuk Negeri (Sabun). Komunitas ini bergabung dalam pelajar yang menerima beasiswa di kampus. Menurut Ardy Sahputra selaku ketua panitia pelaksana acara mengatakan acara ini untuk menunjukkan prestasi adik-adik yang di daerah.

"Kami memberikan ruang untuk adik-adik di daerah untuk berprestasi. Bahwa adik-adik daerah juga bisa bersaing dengan pelajar di kota,"katanya saat diwawancarai di Gedung Auditorium USU, Minggu (24/1/2016)

Pantauan tribun-medan.com, seluruh suku yang ada di Sumatera Utara hadir menampilkan tariannya lengkap dengan pakaian adat. Sebanyak delapan belas tim mengikuti Festival Budaya. Para guru juga menemani muridnya yang beraksi di podium.

Seperti yang dikatakan oleh Dea Syafrida, pelajar SMA Negeri 4 Kisaran yang bersama timnya membawakan tarian dari Batak Toba yang berjudul Pesta Balga mengatakan senang bisa berkumpul dengan banyak teman di sini.

"Saya kelas tiga SMA. Dalam acara ini juga ada acara konsultasi dalam memilih perguruan tinggi negeri sekaligus dengan beasiswanya,"katanya dengan mengenakan pakaian adat.

Acara yang berlangsung satu hari ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB. Acara pertama diadakan perlombaan sains, seperti matematika, biologi, kimia, fisika, dan lainnya. Untuk perlombaan sains di adakan di Gedung Fakultas Kedokteran Gigi USU dan Fakultas Ilmu Komputer USU.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign