Asyiknya Berdendang Randai Kuantan Budaya Riau yang Tak Lekang oleh Zaman

Pekanbaru, Riau - Sebagai Provinsi terkaya di Sumatera, Riau bukan hanya memiliki hasil bumi dan gas alam yang melimpah. Namun Riau juga memiliki ribuan kesenian dan kebudayaan yang sampai saat ini tetap terjaga dan tak lekang dengan perubahan zaman.

Di era modern saat ini, memang masyarakat sudah "dijejali" dengan berbagai macam hiburan yang kebarat-baratan mulai dari lagu-lagu kekinian, film dan lainya. Bahkan diusia bocah sekolah saat ini bahkan lebih hafal dengan dunia hiburan seperti game online dan lagu-lagu dewasa yang sebetulnya belum bisa dikonsumsi anak-anak seusia sekolah.

Dengan semua kecanggihan tekhnologi, ternyata masih ada yang mempertahankan budaya tradisional khususnya kebudayaan Provinsi Riau. Mereka inilah para pahlawan budaya dari Taluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi, yang masih tetap eksis mempertahankan musik Randai Kuantan.

Grup Randai Kuantan yang menamakan dirinya Randai Padang Pulai ini, sudah banyak sekali "menelorkan" sejumlah album dan puluhan lagu yang mereka bawakan. Bahkan sebagian dari lagu-lagu mereka juga sudah berbentuk VCD, DVD dan juga Mp3.

Walupun banyak yang anak-anak muda Kuansing memodifikasi atau meng aransmen ulang musik-musik randai dengan berbagai aliran seperti Dangdut, POP dan Rock. Randai Padang Pulai tetap berjalan dengan jalur asli Randai Kuantan dimana alat musiknya hanya berupa gendang,kocrekan dan biola.

Salah satu lagu andalan mereka adalah, ratok bujang malang, Jiko sogan sabuikan Sogan, Pitunang Maimbau dan masih banyak lagi lagu-lagu mereka yang sudah beredar ditengah masyarakat.

Selain itu, Randai Padang Pulai juga biasa tampil diacara-acara seperti khitanan, pernikahan bahkan pernah juga tampil diacara resmi Kabupaten seperti pentas musik Jalur dan peringatan Hut Kemerdekaan RI.

Bagi masyarakat Kuansing, tentunya musik Randai adalah musik warisan nenek moyang, yang dahulunya sering dinyanyikan pada saat iven pacu jalur di Taluk Kuantan. Seiring perkembangan jaman, Randai ini juga dipertontonkan untuk hajatan pribadi seperti nikahan dan sunatan.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign