Maarak Bungo Lamang, Wisata Tradisi Solok Selatan

Kota Baru, Sumbar - Nagari Koto Baru selain me­miliki potensi destinasi wi­sata juga memiliki keunikan dalam tradisi adat istiadat. Hal itu dikatakan seorang tokoh masyarakat Koto Ba­ru, Desmeldi kepada Ha­luan, (30/1) saat me­ngun­jungi daerah itu.

Ia mengatakan, dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, ma­syarakat Koto Baru biasanya menyelenggarakan kegiatan “ Maarak Bungo Lamang” yaitu kegiatan arak-arakkan Lemang yang dihiasi bunga dan digantung uang kertas keliling kampung.

Maarak bungo lamang adalah menghias lamang (makanan dari ketan yang ditaruh dalam bambu). la­mang tersebut diberi pernik-pernik dan bunga-bunga yang diujungnya di lemkan uang kertas , tergantung berapa niat masyarakat un­tuk memberinya.

Biasanya, masyarakat juga menyelipkan duit dita­bung bambu yang berisi Lemang nantinya diarak oleh anak-anak mengaji sepanjang kampung, dan diiringi musik tradisional dengan tujuan akhirnya ada­lah Masjid. Kemudian duit dikumpulkan di Masjid dan lemangnya disajikan kepada masyarakat.

“Setelah jumlah duit didapatkan, biasanya diper­gunakan untuk pem­bangunan Masjid dan untuk anak yatim setelah itu, baru diberikan ceramah aga­ma,” kata Desmeldi.

Selain itu ada juga ke­giatan Zikir Rebana yaitu kegiatan melantunkan pu­jian dan salawat kepada junjungan Nabi Mu­ham­mad disertai zikir dengan diiringi lantunan rebana. Kegiatan tersebut dalam rangka Mau­lid Nabi Mu­hammad,SAW.

Tetapi, masih ada tradisi yang cenderung dit­ting­galkan masyarakat, yaitu kegiatan Turun ke Sawah. “Kegiatan itu saat ini sudah jarang ditemui,”katanya. Turun ke Sawah biasanya dilakukan bersama-sama masyarakat saat mulai me­nanam padi di sawah dengan menyembelih Kerbau untuk dimakan bersama.

Ia meyakini, kegiatan tradisi tersebut bisa sebagai penunjang pariwisata Ka­wasan Saribu Rumah Ga­dang.”Saya yakin apabila tradisi tersebut jika tetap dilestarikan akan menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan,”katanya.

Seorang warga Koto Ba­ru, Abdul Gafur menye­butkan jika Nagari Koto Baru merupakan daerah yang memiliki keunggulan dari Nagari Lain di Solsel. Pasalnya, selain keberadaan Kawasan Saribu Rumah Gadang juga merupakan Nagari Pendidikan.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign