Pasanggiri 2016, Mengkolaborasikan Pencak Silat dan Barongsai

Bandung, Jabar - Pasanggiri dan Festival Pencak Silat tingkat Kabupaten Bandung Barat, Maret mendatang akan mengkolaborasikan Pencak Silat yang merupakan olahraga beladiri asli Indonesia dengan Barongsai kesenian dari Tiongkok.

“Penampilan Pencak Silat yang dikolaborasikan dengan Barongsai hanya satu dari penampilan warisan seni dan budaya pada festival nanti. Akan banyak lagi ragam seni budaya yang akan ditampilkan pada pasanggiri dan festival Pencak Silat tahun ini,” kata Ketua Umum Paguyuban Ki Sunda Sawawa, Ibrahim Aji, di Desa Cipatik, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (24/1/2016).

Menurutnya, Pencak Silat bisa dipadukan dengan Barongsai sebab untuk memainkannya memiliki kesamaan secara fisik karena pemainnya sama-sama bisa akrobat. Sementara dalam silat jawara dituntut memiliki kelincahan saat memainkan jurus-jurusnya.

”Tadinya pasanggiri dan festival pencak silat ini hanya untuk tingkat Kabupaten Bandung Barat, namun melihat animo dan potensi pencak silat di wilayah Priangan, jadinya kita perluas pesertanya hingga Kabupaten/Kota di Priangan,” ujar Ibrahim.

Dijelaskannya, Paguyuban Ki Sunda Sawawa tidak hanya pada bidang seni budaya juga bergerak dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan dan agama. Untuk seni budaya baru aktif pada pelestarian pencak dan rampak gendang.

“Kami menjadi bapak angkat pencak silat dengan menyediakan padepokan sebagai tempat berlatih, ” pungkasnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign