Tarakan Gelorakan Kebudayaan Sesuai Konsep Trisakti

Tarakan, Kaltara - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menggaungkan konsep Trisakti sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat melalui tiga bidang yakni politik, ekonomi yang berdikari (berdiri di atas kaki sendiri) dan berkepribadian di bidang kebudayaan.

Hal itu pula lah yang tengah dijalankan Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan, Kalimantan Utara. Sebagaimana disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tarakan Khairul.

Khairul mengatakan harapannya itu saat berpidato ketika perayaan festival adat Iraw Tengkayu ke-VIII dalam rangka hari jadi Kota Tarakan ke-18.

Dirinya berharap pelaksanaan festival adat itu menjadi momentum kota di utara Pulau Kalimantan ini untuk terus melestarikan budaya dan adat bangsa sesuai dengan konsep Trisakti.

"Harapan kita dengan pelaksanaan Iraw Tengkayu yang sudah ditetapkan event dua tahunan sebagai momentum melestarikan budaya dan adat bangsa dan menjalankan trisaksi pemerintah," kata Khairul.

Dia menambahkan, dalam festival adat Iraw Tengkayu diisi banyak kesenian dan perlombaan tradisional sebelum acara puncak penurunan Padaw Tuju Dulung (perahu tujuh haluan) ke laut sebagai wujud rasa syukur masyarakat setempat kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Sebelum acara puncak, rangkaian kegiatan lain juga sudah dilaksanakan," tutupnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign