11 Raja Pastikan Berkumpul di Singkawang

Singkawang, Kalbar - Ketua Majelis Kerajaan Kalimantan Barat, Pangeran Ratu Kertanegara, H Gusti Kamboja menyambut positif dilangsungkannya Parade Kebudayaan Melayu se-Kalimantan Barat.

Kegiatan ini akan digelar di Singkawang pada 3-5 Maret mendatang. Belasan raja juga sudah memastikan kehadiran di Singkawang.

Menurut Raja Kerajaan Matan Tanjungpura ini, dalam keberagaman etnis di Kalimantan Barat harus saling menjaga keharmonisan sekaligus mengekalkan tradisi.

“Bagaimanapun juga di Kalbar ada etnis Melayu, yang memberikan warna dan dalam parade ini menjadi upaya kita mengekalkan tradisi dan menjaga harmonisasi, agar harmonisasi tidak hanya sekadar wacana di atas kertas saja ,” kata Kamboja melalui ponselnya, Senin (29/2/2016).

Kamboja menuturkan, harmonisasi yang dimaksud adalah dalam parade kebudayaan ini pula diperkenankan seluruh warga untuk datang menyaksikan, seperti halnya ketika Singkawang menggelar event besar pariwisata kemarin.

“Siapapun boleh datang, bukan hanya tontonan etnis Melayu saja. Kita tentu berharap event seperti ini dapat menjadi agenda tahunan sekaligus menjadi dorongan pertumbuhan dunia pariwisata di Kalbar umumnya dan Singkawang khususnya,” katanya.

Dalam rangkaian acara nanti, kata Kamboja juga akan diisi dengan deklarasi sekaligus pengukuhan Ikatan Cendekiawan Keraton Nusantara (ICKN) wilayah Kalbar, yang dihadiri oleh Eksekutif Presidium ICKN pusat Prof Dr Muhammad Asdar yang juga Raja Bantoa Maros Sulawesi Selatan.

“Sekaligus melakukan pengukuhan pengurus untun ICKN Kalbar ,” kata pria yang juga tercatat sebagai Presidium ICKN pusat ini.

Ketua Panitia Parade Kebudayaan Melayu se-Kalbar, Robi Sanjaya mengatakan, parade juga akan dihadiri oleh kesultanan dari luar Kalbar, antara lain Kesultanan Palembang, Kesultanan Maros, Kesultanan Banjar dan Kesultanan Brunei Darussalam.

"11 raja di Kalbar akan datang diacara kita nanti. Terakhir raja dari Mempawah yang sudah konfirmasi akan datang menghadiri acara," ujar Robi, Senin (29/2).

11 orang raja yang telah dipastikan datang menghadiri acara adalah dari Kerajaan Matan Tanjungpura, Pangeran Ratu Kertanegara, H Gusti Kamboja, Kerajaan Sanggau, Pangeran Ratu Suryanegara H Gusti Arman, Kerajaan Ismahayana Landak, Raja Iswaramahayana Dipati Karang Tanjung H Gusti Suryansah.

Berikutnya Kerajaan Tayan, Penembahan Anom Pakunegara Gusti Yusri, Kerajaan Kubu, Pemangku Adat Kerajaan Syarif Muhammad Alaydrus, Kerajaan Sekadau, Pangeran Agung Gusti Muhammad Efendi, Kerajaan Mempawah, Pangeran Ratu Mulawangsa Mardan Adijaya.

Akan hadir pula dari Kesultanan Sambas, Putra Mahkota Pangeran Muhammad Tarhan, Kesultanan Sintang, Sultan H Raden Muhammad Ichsan Danu Perdana, Kesultanan Simpang, Sultan Djamaludin II, H Gusti Mulya dan Kesultanan Pontianak, Sultan H Syarif Abubakar Alqadrie.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign