"Amazing" Pesona Seni-Budaya Indonesia Merebut Hati Masyarakat Orlando

Florida, AS - “Amazing”, “Its so colorful”, “Beautiful”, demikian berbagai komentar para penonton saat menyaksikan diaspora Indonesia melewati ratusan penonton Dragon Parade di sepanjang jalan menuju Fashion Square Mall, Orlando, tempat penyelenggaraan Dragon Parade Lunar New Year Festival, Minggu (14/2/2016).

Iring-iringan parade diaspora Indonesia dimulai dengan 2 pemuda membawa spanduk bertuliskan Indonesia. Kemudian berturut-turut pembawa lambang burung Garuda dan ogoh-ogoh dari Bali yang menggambarkan monster pembawa kebatilan dan nantinya harus dibakar untuk menjauhkan keburukan dan kejahatan.

Setelah itu diikuti oleh anak-anak generasi penerus Indonesia di Florida dan gadis-gadis remaja yang menampilkan tari Poco Poco sepanjang jalan.

Iring-iringan parade diakhiri oleh 7 ibu-ibu muda membawakan tari Jathilan ala Ponorogo serta ditutup oleh rombongan keluarga-keluarga Indonesia yang bertempat tinggal di Florida.

Partisipasi aktif merayakan Tahun Baru China ini merupakan yang kedua kalinya diikuti oleh masyarakat Indonesia di Florida dan dikoordinir oleh Vida Florida atau Voice of Indonesians in Florida.

Vida, demikian nickname organisasi ini, adalah sebuah organisasi nirlaba diaspora Indonesia di Florida yang didirikan pada pertengahan tahun 2013 dengan tujuan untuk mempromosikan seni dan budaya Indonesia di seluruh negara bagian Florida.

“Parade tahun ini sangat menarik bagi kami, karena kami dibantu oleh anak-anak grade 5 sampai dengan grade 7 dari Montesorri School, City of Celebration, FL," ujar Putri Anglingkusumo, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Vida.

Sebelumnya, lanjut Putri, mereka diminta oleh guru mereka untuk membuat projek tentang Indonesia, dan sesudah itu, selama seminggu mereka tampilkan karya-karya mereka tersebut di hadapan masyarakat setempat.

"Dan hari Minggu (14/2/2016) itu, mereka tampak bahagia sekali bisa memakai warna-warni busana anak-anak Indonesia dari berbagai daerah dan berjalan bersama kami semua," kata Putri Anglingkusumo.

Selesai parade, acara dilanjutkan di dalam Fashion Square Mall, di mana berbagai negara dari Asia memperlihatkan keindahan seni dan budaya negaranya masing-masing.

Acara ini begitu menarik perhatian ribuan penonton yang khusus datang untuk melihat acara yang telah berlangsung selama 4 tahun terakhir.

“Vida menampilkan Tari Genjring (tari kontemporer dari beberapa daerah di Indonesia), Tari Lenggang Nyai (Jakarta) dan Tari Kiprah Sikarang (Aceh) serta tak ketinggalan yaitu penampilan perdana Vida Angklung dalam acara ini,” ungkap Yuni S Rucky, koordinator Vida Arts and Culture.

"I love this song, its so touching," ungkap Oliverio Gutierrez, pemilik toko pakaian dari Colombia yang khusus datang untuk menyaksikan acara ini, ketika mendengar lagu “Alusi Au” dari Sumatera Utara dibawakan oleh Vida Angklung Orchestra.

Dalam acara yang dihadiri oleh ribuan masyarakat Orlando ini, Vida juga membuka booth makanan dengan nama Vida Pujasera atau Pusat Jajan Serba Ada.

Menariknya, banyak pembeli yang ingin merasakan kuliner khas daerah Indonesia. Dan tak lupa pula, dilakukan penjualan batik dan cinderamata dari Indonesia.

"They came, they danced, they played angklung and sang, and now, they won our hearts. Mereka datang, mereka menari, mereka bermain angklung dan bernyanyi, dan sekarang, mereka merebut hati kami," demikian diungkapkan oleh salah seorang panitia penyelenggara kepada penulis, yang selama 2 tahun ini rajin mengikuti penampilan-penampilan Vida Florida di Orlando.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign