Angklung, Hebohkan Wonderful Indonesia di Singapura

Singapura - Chingay Night Fiesta 2016 menjadi ajang promosi Wonderful Indonesia. Angklung Buhun, salah satu alat musik tradisional dari Sunda akan menjadi pemikat dalam parade budaya terheboh tahun ini.

"Terima kasih KBRI di Singapura yang terus membantu memperkuat branding pariwisata kita di sana. Spirit Indonesia Incorporated benar-benar jalan di Singapore," aku Menpar Arief Yahya di Jakarta.

Dia juga berterima kasih pada Kemensos dan Pemprov Jabar yang terus bekerjasama. Banten hebat membina kesenian khas daerah, sehingga mereka tetap hidup dan berkembang.

Angklung adalah kesenian asli Indonesia. Jika tidak diberdayakan, tidak dipromosikan, bisa punah bahkan bisa reinkarnasi di negara tetangga. Dulu mereka rajin memakai produk asli budaya Indonesia untuk dijadikan hak miliknya. Termasuk angklung, reog, lagu-lagu daerah, tarian daerah dan lainnya. "Tapi kita tetap senang, semua karya budaya kita dimainkan oleh orang manapun juga, karena itu sama saja dengan mempromosikan Indonesia," tandasnya.

Menpar Arief Yahya. Lewat brand Wonderful Indonesia, Marketeer of The Year 2013 ini menyebut Pemprov Banten ikut membantu melestarikan angklung buhun. Akhirnya kesenian yang tergolong tua ini bisa disaksikan masyarakat dunia,” papar pengarang buku Great Spirit, Greand Strategy dan Paradox Marketing ini.

Setidaknya ada 360.000 masyarakat di berbagai penjuru dunia akan hadir menyaksikan Chingay Night Fiesta, 19-20 Februari 2016 di F1 Pit Building, Singapore. Termasuk Perdana Menteri Singapore Lee Hsien Long dan sejumlah duta besar negara-negara Asia. Dan momen ini, akan diliput media-media besar seperti Channel 8 dan News TV Asia.

Nah, sebagai pendatang baru di parade budaya tadi, angklung buhun ingin terlihat oke. Dari paparan koordinator kontingen angklung buhun, Ronny Khalishadi Suryanegara, team work terus diasah 7 anggota komunitas sejak dua bulan silam. Misinya, menciptakan suatu musik yang indah.

"Aada 7 orang yang memainkan angklung buhun. Sebagian dari mereka berasal dari Baduy Luar. Harmoninya luar biasa. Saya yakin penonton Chingay Night Fiesta 2016 akan ingat terus mengenai keberadaan angklung buhun," papar Ronny.

Di Singapura, kontingen angklung buhun Wonderful Indonesia memainkan lagu Nyi Seri, jalan-jalan dan Orai-orai. "Chingay merupakan tempat yang bagus untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia," tambah Ronny.

-

Arsip Blog

Recent Posts