Pemerintah Promosikan Kuliner ke Malaysia

Jakarta - Tak hanya tempat wisata yang dipromosikan Pemerintah ke luar negeri, tapi juga masalah kuliner. Kali ini, kuliner yang siap diperkenalkan ke mancanegara berasal dari Bandung dan Bogor. Pangsa pasar yang dituju adalah Malaysia.

Sedikitnya 11 destinasi yang sudah disiapkan matang, untuk membidik selera lidah orang dari negeri Melayu itu. “Edisi awal, makanan Bandung dan Bogor yang akan dipromosikan di Go ASEAN Channel Astro TV Malaysia,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Menurut Arief, dua kota itu sudah memiliki akses dengan Malaysia dengan baik. Pesawat Air Asia sudah terbang langsung dari Kuala Lumpur langsung ke Bandung. Sedangkan Bogor, dengan tol jalan darat bisa ditempuh cepat dengan pandangan yang alami. Menurut dia, pihaknya tidak salah membidik Go ASEAN Channel.

Saluran TV itu salah satu yang sukses karena food channel-nya. Dia ingin Indonesia punya acara-acara unggulan di Go ASEAN Channel. Popularitasnya tak kalah dengan Asian Food Channel yang mempublikasikan Discovery Perak dan Chef Wan yang menceritakan aneka kuliner Malaysia.

“Indonesia harus memanfaatkan ini. Kita jangan kalah dari Malaysia yang mampu hadir secara masif di televisi-televisi di seluruh dunia,” ungkap dia.

Dia menambahkan, Indonesia kaya kuliner. Hanya saja, cara mengemas dan gaya kemasannya yang belum berorientasi global. Boleh juga belajar dari Malaysia, mengemas kuliner seperti Nasi Lemak, yang jika dibandingkan dengan Rendang dan nasi campurnya Indonesia, tidak kalah.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign