Pemkot Angkat Budaya Asli Pekalongan

Pekalongan, Jateng - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan berkomitmen mengangkat budaya asli Kota Pekalongan. Pemkot Pekalongan akan memberikan ruang pentas dan apresiasi seni budaya untuk mengangkat dan melestarikan budaya asli Kota Pekalongan. Hal ini disampaikan Wali Kota Pekalongan Achmad Alf Arslan Djunaid pada acara Silaturahmi Budayawan dan Seniman se-Kota Pekalongan bertajuk ”Pekalongan Berbudaya” di Galeri batik dan kafe Garuda Madong Kencana (GMK), Minggu (28/2) malam.

Menurut dia, semangat melestarikan budaya asli Kota Pekalongan sudah disinergikan dengan visi misi wali kota dan wakil wali kota Pekalongan. Sehingga budaya-budaya asli Pekalongan akan terus diangkat. ”Semua sudah tercover dalam visimisi kami. Akan terus kami dukung tentunya dan dengan berlandaskan religius pastinya,” terangnya.

Alex, sapaan Wali Kota tersebut, mengatakan, Pemkot Pekalongan akan mendukung dan mengakomodir berbagai pentas budaya. Bahkan, lanjut dia, Pemkot Pekalongan tengah memikirkan pembangunan gedung kesenian. ”Sedang dipikirkan lokasinya. DPU sedang membangun gedung baru di GOR Jetayu. Nanti akan ditanyakan realisasi dan percepatan pembangunan gedung tersebut. Apakah nanti kegiatan budaya akan dipusatkan di sana,” sambungnya.

Acara tersebut diselenggarakan Forum Rakyat Pekalongan Bersatu (FRPB). Ketua FRPB, Eko Priono mengatakan, sudah saatnya Kota Pekalongan berkomitmen bersama dalam meningkatkan semangat dalam menggali budaya-budaya asli Kota Pekalongan. Sebab, menurut dia, salah satu kekayaan Kota Pekalongan adalah budaya yang sangat beragam.

”Ragam budaya kita sebenarnya sangat banyak. Sebab, Kota Pekalongan dulu merupakan kota transit sehingga ragam budaya terus bermunculan dan sangat kompleks sekali. Tapi itu semua perlahan terkikis,” kata Eko.

Wakil Wali Kota Mochammad Saelany Machfudz membacakan puisi karyanya berjudul ”Senandung Kali Loji” pada acara tersebut. Acara yang dimeriahkan dengan berbagai tarian dari Kota Pekalongan dihadiri budayawan dan seniman di Kota Pekalongan. Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo juga hadir pada acara tersebut.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign