Pentas ’Naga Memakan Matahari’ Sambut Gerhana di Palembang

Palembang, Sumsel - Sejumlah seniman di Palembang bakal memainkan mitos "Naga Memakan Matahari" dalam sebuah pertunjukan teater di puncak perayaan Festival Gerhana Matahari Total pada 9 Maret 2016. Saat ini mereka sedang merampungkan persiapan agar dapat tampil maksimal saat hari H.

Toton Dai Permana, penanggung jawab acara, mengatakan para seniman akan tampil di bawah Jembatan Ampera beberapa saat setelah matahari kembali bersinar normal. "Mitos ini akan kami pentaskan di atas panggung dengan melibatkan hingga delapan pemain," kata Toton, Rabu, 24 Februari 2016.

Menurut kepala UPTD Museum Balaputra Dewa ini, dalam mitos Tionghoa, banyak sekali pesan moral yang dapat dipetik dari lakon yang akan mereka mainkan. Sesuai dengan mitos tentang gerhana matahari total, masyarakat Tiongkok percaya bahwa terjadinya gerhana matahari disebabkan adanya seekor naga yang sedang melahap matahari. Menurut legenda, dua astrolog pada saat itu, Hsi dan Ho, dieksekusi mati karena gagal dalam memprediksi waktu terjadinya gerhana.

Toton, yang juga dikenal sebagai seniman ternama di Sumatera Selatan, menambahkan, untuk menakut-nakuti naga, warga membunyikan suara-suara keras seperti petasan, kentungan, dan suara gaduh lainnya. Alhasil, matahari pun kembali memancarkan sinarnya.

Mitos tersebut hingga saat ini masih dipercaya oleh sebagian orang, termasuk warga non-Tionghoa. "Sewaktu kecil dulu, para ibu melarang anaknya ke luar rumah," ujar Toton.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga menjelaskan, lakon "Naga Memakan Matahari" dipastikan semakin menambah semarak festival budaya di Palembang seusai gerhana matahari total. Pada hari itu, pelancong dan warga akan memadati seputaran Jembatan Ampera sebagai tempat utama pengamatan gerhana matahari total.

Selain aksi panggung, panitia juga akan menggelar food truck, tur edukasi, foto selfie, glowing nite run, dan acara lainnya. "Keseruan itu akan dimulai sebelum gerhana," ucapnya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign