Ribuan Warga Yogya Padati Karnaval Naga Batik Raksasa di Malioboro

Yogyakarta - Ribuan warga memadati sepanjang jalan Malioboro hingga Alun-alun Utara Yogyakarta. Ribuan warga ini antusias menyaksikan karnaval budaya Festival Naga sebagai puncak kegiatan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY).

Jalan Malioboro ditutup total sejak Minggu (21/2/2016) pukul 18.00 WIB hingga karnaval selesai. Warga telah telah berkumpul sejak sore agar bisa melihat karnaval naga dengan posisi paling depan.

Ketua Umum PBTY 2016, Tri Kirana Muslidatun, mengatakan karnaval ini juga menampilkan naga terpanjang di Asia yang pernah memecahkan Museum Rekor Indonesia (MURI). Naga itu berukuran panjang 159,4 meter dengan motif batik.

Naga terpanjang ini dimainkan oleh 250 personel TNI angkatan udara. Banyak warga ataupun wisatawan asing maupun lokal mengabadikan karnaval dengan kamera ponsel baik selfie atau lainnya.

"Karnaval diikuti oleh 15 naga yang berasal dari beberapa daerah seperti dari Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Tri Kirana.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari lomba Jogja Dragon Festival dan memperebutkan piala Raja Keraton Yogyakarta. Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) yang digelar di kampung pecinan Ketandan Yogyakarta berlangsung sejak tanggal 18-22 Februari 2016. PBTY tahun ini telah memasuki untuk yang ke sebelas kalinya dan diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata dan pelestarian budaya.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign